Respon Keluhan Youtuber yang Viral, Dinas Pariwisata Tana Toraja Minta Maaf dan Gelar Pertemuan Multi Pihak

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE UTARA — Dinas Pariwisata Pemuda dan Olaraga Tana Toraja menggelar pertemuan multi pihak di objek wisata Kolam Alam Tilanga’, Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara, Selasa, 26 Maret 2024 .

Pertemuan multi pihak ini merespon keluhan pasangan wisatawan, yang juga Youtuber wisata dunia, Jajago Keliling Indonesia, yang viral di media sosial dalam sepekan terakhir.

Selain menggelar pertemuan multi pihak, Dinas Pariwisata juga mengungkapkan permohonan maaf kepada pasangan wisatawan tersebut. Permintaan maaf ini ditulis langsung di akun Facebook Jajago Keliling Indonesia, juga diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Adelheid Sosang dalam pertemuan multi pihak tersebut.

Adelheid juga menyatakan bahwa dengan adanya kejadian ini akan menjadi menjadi pembelajaran bagi semua pihak, baik pemerintah, pengelolah, orang tua, maupun masyarakat.

Baca Juga  Tinjau Proyek Pembangkit Listrik di Ma’dong, Pjs. Bupati Toraja Utara Ingatkan Soal Dampak Lingkungan

“Bahwa anak-anak kita perlu terus dibina terutama dalam hal etika. Jangan sampai terulang kejadian yang sama kepada pengunjung lainnya di masa depan,” tutur Adelheid.

Pertemuan itu dihadiri pengelola objek wisata, pemerintah setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tenaga pendidik, serta orang tua yang ada sekitar objek wisata Kolam Alam Tilanga’.

Ketua TP PKK Kabupaten Tana Toraja, yang juga anggota DPRD Tana Toraja, Yariana Somalinggi, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, mengingatkan agar kejadian seperti ini jangan sampai terjadi lagi dikemudian hari, cukup ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak.

“Kita berharap kejadian ini tidak terulang kembali dan ke depan agar pelayanan kepada pengunjung kita diperbaiki dan ditingkatkan. Mereka ini sudah datang dan mempromosikan objek wisata kita secara gratis. Harusnya kita bersyukur karenanya,” tegas Yariana.

Baca Juga  FOTO: Lihatlah, Betapa Indahnya Panorama Alam di Buntu Pekka, Kecamatan Rano Ini

Sementara itu, Ketua Yayasan atau Pengelolah objek wisata Tilanga’, Salmon Palondokan dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas Pariwisata yang cepat merespon keluhan wisatawan tersebut.

Dikatakan Salmon, bahwa pihaknya siap mengevaluasi kinerja dan memohon maaf kepada pasangan wisatawan youtober Wisata Dunia atau Jajago Keliling Indonesia bahkan kepada pengunjung lain atas ketidaknyaman yang dialami di Tilanga’ dan akan berupaya kedepan untuk memperbaiki pelayan.

“Kami pengelolah memohon maaf kepada wisatawan youtober wisata dunia atau Jajago Keliling Indonesia dan semua pengujung yang mengalami ketidaknyamanan saat berkunjung ke Tilanga’,” ucap Salmon. (*)

Penulis: Indra
Editor: Arthur

Komentar