oleh

Putri Toraja Ini Dilantik Gubernur Anies Baswedan Jadi Kadis PPKUKM DKI Jakarta

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melantik 13 orang Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat, 20 Agustus 2021 di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Salah satu pejabat yang dilantik adalah Ir. Elisabeth Ratu Rante Allo, MM, M.Si. Wanita asal Toraja, Sulawesi Selatan ini dilantik menjadi  Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta.

Dengan dilantiknya Elisabeth Ratu Rante Allo ini, menurut catatan kareba-toraja.com, sudah dua orang Toraja yang dipercaya menjadi Kepala Dinas di lingkup Pemprov DKI Jakarta. Sebelumnya ada Yonathan Pasodung, yang sempat menjabat Kepala Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta di zaman Gubernur Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Baca Juga  Apakah Suhu yang Lebih Dingin dari Biasanya di Toraja Berkaitan dengan Fenomena Aphelion?

Sebelum resmi dilantik menjadi Kepala Dinas, Elisabeth Ratu Rante Allo pernah menduduki jabatan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta. Juga pernah menduduki beberapa jabatan eselon III di kantor tersebut.

Elisabeth Ratu Rante Allo adalah anak kelima dari 11 bersaudara. Salah satu saudaranya adalah Eric Crystal Rante Allo yang saat ini menduduki jabatan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tana Toraja. Mereka adalah anak dari Almarhum Puang Kapala Rante Allo dengan Magdalena Rundupadang.

Menurut Eric Crystal yang diwawancara via telepon, Jumat, 20 Agustus 2021 malam, adiknya itu lahir di Makale, 24 September 1970. Pendidikan SD hingga SMA ditempuhnya di Makale. “Dia alumni SMA Katolik Makale Angkatan 88,” ujar Crystal.

Baca Juga  Ini Daftar Atlet Asal Toraja yang Berlaga dan Menyumbang Medali di PON XX Papua
Pelantikan 13 orang Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat, 20 Agustus 2021 di Balai Kota, Jakarta Pusat. Salah satu pejabat yang dilantik adalah Elisabeth Ratu Rante Allo.

Setelah menamatkan pendidikan sarjana pada Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Elisabeth terangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil. Sejak pertama kali menjadi PNS, Elisabeth mengabdikan diri di lingkup Pemprov DKI Jakarta. Dia bersuamikan Mika Ramba Kendenan, yang saat ini menjabat sebagai Pimpinan Wilayah Perum Bulo Kalimantan Tengah.

Pada akhir Agustus 2016 yang lalu, Elisabeth Ratu Rante Allo pernah mendampingi Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo (kini Almarhumah), saat berkunjung selama dua hari di Tana Toraja dan Toraja Utara. (*)

Baca Juga  OPINI: Waspada La Nina Peningkatan Curah Hujan di Toraja

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya