oleh

Eva Rataba Akan Terus Perjuangkan Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa Melalu Jalur Aspirasi

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Anggota Fraksi Nasdem DPR RI, Eva Stevany Rataba menegaskan komitmennya dalam memperjuangan beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa melalui jalur aspirasi atau pemangku kebijakan.

Komitmen itu disampaikan anggota Komisi X DPR RI ini saat melakukan pertemuan dengan sejumlah mahasiswa dan pelajar di rumah aspirasinya, Kelurahan Rantepao, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu, 30 April 2022.

Eva menyatakan, sejak tahun 2020 lalu, dirinya telah menyalurkan beasiswa bagi 1000 mahasiswa dan 75 ribu pelajar melalui beasiswa PIP dan KIP Kuliah serta UKT.

“Selama ini saya telah berjuang dan menyalurkan Beasiswa kepada mahasiswa dan pelajar di Toraja, Luwu Raya, dan beberapa daerah lainnya,” tutur Eva.

Baca Juga  UKI Toraja Dapat Bantuan Beasiswa Sebesar Rp 1,5 Miliar

Perjuangan beasiswa aspirasi ini dilakukan Eva Stevany Rataba sebagai upaya a mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah atau kuliah karena keterbatasan biaya dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

Tak hanya itu, PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

“Tidak hanya tamat SD saja, namun besar harapan saya, anak-anak di Toraja bisa meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni SMP, SMA/SMK, hingga kuliah melalui PIP, sehingga kelak bisa meraih cita-citanya,” harap Legislator Partai Nasdem ini.

Politikus muda asal Toraja juga menyampaikan sebagai generasi pelanjut, kita harus ambil peran di tengah masyarakat. Salah satunya melalui SDM, kita berharap menjadi pelopor kemajuan Toraja di masa yang akan datang.

Baca Juga  Perpustakaan RI Bantu Dana Rp 10 Miliar untuk Bangun Perpustakaan Moderen di Tana Toraja

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang OKK DPD Nasdem Toraja Utara, Johan Darise   mengatakan Program Indonesia Pintar adalah kebijakan pemerintahan Presiden Jokowi melalui Kementerian Pendidikan Nasional yang bertujuan membantu biaya pendidikan anak-anak sekolah di masyarakat.

Sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Eva Stevany Rataba aktif berkiprah di urusan pendidikan.

“Setiap tahun, melalui kader-kader Partai Nasdem, ibu Eva menjaring aspirasi masyarakat untuk mendapat beasiswa PIP,” kata Johan Darise.

Untuk diketahu syarat untuk mendapatkan PIP jalur aspirasi adalah siswa SD, SMP dan SMA/SMK yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan Nasional. Banyak warga masyarakat terutama dari keluarga tidak mampu, atau masyarakat berpenghasilan rendah yang mengajukan usulan PIP. (*)

Baca Juga  Anggota DPR RI, Eva Rataba Resmikan Sarana Olahraga Rekreasi di Toraja

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya