PKM UKI Toraja Membangkitkan Potensi Ekonomi Melalui Abon Ikan Mas

KAREBA-TORAJA.COM, MENGKENDEK — Semangat kolaborasi antara UKI Toraja dan UMKM menghasilkan dampak positif melalui proyek pemberdayaan ekonomi. Dipimpin oleh Eko Suripto Pasinggi, tim pendidik dari universitas ini, bersama anggota tim Irene Devi Damayanti dan Sepsriyanti Kannapadang, menjalankan proyek ini dari September hingga Desember 2023.

Fokusnya adalah memperkuat kapasitas dan jangkauan pasar UMKM Barrent Foods, pelaku usaha lokal yang mengkhususkan diri dalam produksi abon ikan mas.

Menariknya, kegiatan ini didukung oleh anggaran hibah PKM dengan Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemdikbudristek Dikti) pada Tahun Pendanaan 2023.

Proyek ini mewujudkan solusi konkret untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh UMKM Barrent Foods.

Baca Juga  Mahasiswa KKN UKI Toraja di Lembang Tondon Langi’ Beri Kursus Gratis Bahasa Inggris

Tantangan kapasitas produksi menjadi fokus utama. Tim proyek mengusulkan pengadaan peralatan produksi modern guna meningkatkan efisiensi. Mesin penggiling ikan yang lebih cepat, mesin memasak abon dengan kapasitas lebih besar, dan peralatan pengering yang efisien diharapkan akan meningkatkan produksi abon ikan mas.

Keterbatasan dalam memperluas pasar juga menjadi kendala bagi UMKM Barrent Foods. Oleh karena itu, proyek ini melibatkan sesi pelatihan pemasaran, fokus pada pemanfaatan platform online, media sosial, dan kerjasama dengan bisnis lokal. Harapannya adalah peningkatan pelanggan baru dari luar wilayah lokal dalam satu tahun. Saat ini produk abon ini sudah dapat ditemukan di beberapa toko.

Pentingnya manajemen keuangan yang baik juga menjadi poin kunci dalam proyek ini. Modul pelatihan mencakup literasi keuangan untuk memastikan pencatatan yang akurat, analisis, dan pengambilan keputusan strategis berbasis data keuangan.

Baca Juga  Selamat Datang AKBP Zulanda, Terima Kasih AKBP Eko Suroso

Kolaborasi yang erat antara UKI Toraja dan UMKM dapat mewujudkan komitmen nyata terhadap pemberdayaan ekonomi lokal. Dengan semangat Eko Suripto Pasinggi, Irene Devi Damayanti, dan Sepsriyanti Kannapadang, diharapkan UMKM Barrent Foods tidak hanya berkembang sebagai bisnis lokal tetapi juga menjadi pilar ekonomi yang memberdayakan di Desa Randanan. (*)

Penulis: Siska Papalangi’/Rls
Editor: Arthur

Komentar