Persentase Kemenangan Prabowo-Gibran di Toraja Utara Tertinggi dari Seluruh Indonesia?

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengumumkan secara resmi, namun DPC Partai Gerindra Toraja Utara mengklaim bahwa perolehan suara pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 88,58% di daerah paling utara Provinsi Sulawesi Selatan tersebut.

Persentase ini juga diklaim tertinggi dari seluruh Indonesia maupun luar negeri.

Klaim ini merujuk data internal DPC Partai Gerindra Kabupaten Toraja Utara dan situs kawalpemilu.org, yang hasil tidak jauh berbeda.

Sedangkan Kabupaten tetangga, yakni Tana Toraja, persentase suara Prabowo-Gibran mencapai 67,05%.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong menyatakan perolehan suara Prabowo-Gibran yang begitu tinggi disebabkan karena kecintaan masyarakat yang begitu besar kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga  Kasus Positif Covid-19 Melaju Kencang, Pemkab Torut Kembali Ingatkan Gerakan 3M

“Persentase perolehan suara Prabowo-Gibran di Toraja Utara merupakan yang tertinggi di seluruh Indonesia maupun luar negeri. Kita berada di atas Kabupaten Toba di Sumatera Utara maupun di beberapa negara di luar negeri,” terang Frederik, Jumat, 16 Februari 2024.

Mengutip situs kawalpemilu.org, berikut lima persentase tertinggi perolahan suara pasangan Prabowo-Gibran  dari sejumlah daerah:

  1. Toraja Utara 88.58%
  2. Toba 88.10%
  3. Boven Digul 86.89%
  4. Indramayu 84.07%
  5. Pulang Pisang 82.47%.(*)

Frederik menyebut, keberhasilan ini bisa terjadi karena kerja-kerja politik dari tiga pilar; yakni partai pengusung bersama insfratrukturnya,Tim Kampanye Daerah (TKD), dan Relawan serta simpatisan.

“Kita mengapresiasi kepada semua yang telah berkontribusi dalam perolehan suara ini. Tingginya persentase perolehan suara Prabowo-Gibran ini tidak hanya untuk Partai Gerindra saja, tetapi untuk masyarakat Toraja secara umum,” tutur Frederik.

Baca Juga  Selain Prabowo, Gibran Rakabuming Juga Dapat Gelar Adat dari Salah Satu Tongkonan di Toraja

Dia optimis, ke depan, modal persentase perolahan suara yang begitu tinggi ini akan memudahkan pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja melakukan komunikasi ke pemerintah pusat.

“Ini akan sangat berguna bagi kita pemerintah dan masyarakat Toraja,” tegas Frederik.

Untuk diketahui, sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah diangkat menjadi warga Toraja. Keduanya juga mendapat gelar adat. Prabowo mendapat gelar adat Taruk Langi’ dan Gibran mendapat gelar adat Laso’ Pindan. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar