oleh

Offroad JWT 2022: Foto-foto Ekstremnya Medan Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Event Offroad bertajuk Jelajah Wisata Toraja yang diselenggarakan oleh Komunitas Offroad Toraja dan Pengurus Cabang (Pengcab) Indonesia Offroad Federation (IOF) Toraja Utara, resmi digelar, Sabtu, 18 Juni 2022.

Event penyalur hoby dan promosi wisata yang diikuti ratusan peserta dari seluruh Sulsel ini dilepas secara resmi oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang di Lapangan Bakti Rantepao.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, Kepala Dinas Pariwisata, Matius Sampelalong, dan Kepala Bapenda Toraja Utara, Paris Salu.

Catatan dari Panitia, event ini diikuti oleh 140 mobil offroad. Dari jumlah ini, 60 mobil mengikuti jalur ekstrem offroad, dan 80 kendaraan mengikuti rute fun offroad.

Baca Juga  Offroad Jelajah Wisata Toraja Berhadiah 2 Unit Sepeda Motor

Jurnalis Kareba Toraja, Arsyad Parende yang mengikuti jalur ektrem, juga melakukan live event melalui fanpage FB: Kareba-toraja.com, mengaku terpukau dengan jalur dan rute yang dilalui para offroader, mulai dari Tikala ke Batutumonga.

Para peserta harus melalui rute berlumpur, tanjakan ektrem, hutan, juga bebatuan serta perbukitan.

Meski begitu, sebagian besar peserta mengaku puas dan tertantang dengan rute ini. Mereka berharap, event sejenis bisa terus digelar di Toraja Utara, yang selain memiliki medan yang sulit, juga menampilkan panorama alam yang indah.

Bangkitkan Pariwisata

Ketua Panitia Jelajah Wisata Toraja, Yan Malino, menjelaskan event ini, selain sebagai ajang penyaluran hoby bagi pencinta offroad dari seluruh Sulawesi Selatan, juga untuk mendukung serta membangkitkan pariwisata Toraja.

Baca Juga  Dilantik, Pengurus Federasi Mobil Offroad Toraja Utara Siap Bantu Pemda Majukan Wisata

Yan Malino mengatakan, selain peserta juga bergabung peserta South Celebes Overland (SCO) 2022 sebanyak kurang lebih 100 mobil.

Peserta South Celebes Overland (SCO) 2022 terdiri dari Pengurus Pengurus Daerah Indonesia Offroad Federation (IOF) Sulsel dan Pengcab IOF dari berbagai Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan.

“Peserta SCO akan melakukan tour dari Makassar ke Toraja dan akan bergabung dengan peserta event di objek wisata Bukit Dipomelo Pindan, ” terang Yan Malino, Sabtu, 18 Juni 2022.

Saat ini, para peserta sedang melaksanakan Camping Ground di objek wisata Puncak Dipomelo Pindan, Kecamatan Kapala Pitu, Toraja Utara.

Event Jelajah Wisata Toraja ini menyediakan door prize utama berupa dua unit sepeda motor serta puluhan Accessories Offroad.

Baca Juga  Offroad Jelajah Wisata Toraja Berhadiah 2 Unit Sepeda Motor

Sebelum event berlangsung, komunitas Offroad Toraja juga sudah melaksanakan bakti sosial dalam bentuk pembagian bibit pohon dan buah-buahan kepada masyarakat di sepanjang rute yang akan dilalui offroader. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar