oleh

SPP Santo Paulus Pala-Pala Launching Program Distribusi Ayam KUB kepada Peternak Lokal

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2021, SMKS SPP Santo Paulus Makale, yang biasa dikenal dengan SPP Pala-Pala mendistribusikan 500 ekor ayam KUB kepada peternak lokal Toraja. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan.

Pendistribusian ini sekaligus memperkenalkan produk unggulan Teaching Factory (TEFA) Agribisnis Ternak SMKS SPP Santo Paulus Makale yakni Ayam KUB.

Ayam KUB merupakan ayam kampung asli hasil inovasi dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian. Ayam KUB memiliki keunggulan yaitu mampu bertelur lebih banyak mencapai 160-180 butir/ekor/tahun, memiliki bobot badan umur 20 minggu (±5 bulan) berkisar antara 1.200-1.600 gram, dan umur awal bertelur lebih awal sekitar 20-22 minggu dengan bobot telur 35-45 gram. Masa mengeram ayam yang berkurang hingga tinggal 10% sehingga ayam cepat bertelur kembali serta lebih tahan terhadap penyakit. Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) dapat digunakan sebagai sumber bibit parent stock untuk penyediaan Day Old Chicken (DOC/bibit ayam) ayam kampung, baik untuk keperluan ayam potong maupun untuk petelur.

Baca Juga  Wisuda Purna Siswa “Angkatan Emas” SMKS SPP Santo Paulus Pala-Pala

Dilaksanakan secara sederhana di kampus SMKS SPP Santo Paulus Makale, Kamis 20 Mei 2021, launcing program ini dihadiri oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Dra. Rosiana Lomo, M.Pd yang juga merupakan pengawas SMK Kabupaten Tana Toraja. Dalam sambutannya, Ibu Rosiana menyampaikan apresiasi kepada SMKS SPP Santo Paulus Makale yang telah berhasil memproduksi bibit DOC Ayam KUB sebagai yang pertama di Toraja. Ibu Rosiana juga menambahkan bahwa capaian ini merupakan bukti bahwa SMKS SPP Santo Paulus Makale telah mampu menghasilkan peserta didik yang tidak hanya Bisa dan Hebat (tagline SMK) tetapi juga Unggul dan Tangguh.

Turut hadir dalam acara ini Camat Makale Utara, Daniel Pappang, SE, MM sebagai perwakilan dari pemerintah. Daniel Pappang juga mengapresiasi siswa-siswi SMKS SPP Santo Paulus Makale yang telah mampu memproduksi bibit DOC Ayam KUB meski berada pada level siswa SMK. Namun demikian, beliau menyampaikan bahwa hal ini justru menjadi nilai “plus” bagi SMKS SPP Santo Paulus Makale.

Baca Juga  Wisuda Purna Siswa “Angkatan Emas” SMKS SPP Santo Paulus Pala-Pala

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Tani Palisu Padang sebagai penyelenggara sekolah, Drs. Paulus Palondongan,MM , Kostra Tani Kecamatan Makale Utara dan masyarakat peternak lokal sebagai konsumen poduk DOC Ayam KUB ini. Sementara itu, Kepala SMKS SPP Santo Paulus Makale, Ir. Ernytha Anytha Galla’, M.Si berharap bahwa keberhasilan memproduksi bibit ayam KUB secara mandiri ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk bersekolah di SMKS SPP Santo Paulus Makale.

Harapan besar bahwa keberhasilan memproduksi bibit Ayam KUB secara mandiri ini dapat membantu masyarakat dalam menghasilkan produk-produk pangan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi menuju Indonesia yang lebih bangkit, sehat dan sejahtera. Produk bibit DOC Ayam KUB ini diserahkan secara langsung kepada kelompok peternak lokal. (*)

Baca Juga  Wisuda Purna Siswa “Angkatan Emas” SMKS SPP Santo Paulus Pala-Pala

Citizen Reporter: Maxymilianus Soter Mite Kombong
Editor: Herson Pasuang

Komentar

Berita Lainnya