Bagi Helm kepada Anak TK, Cara Sat Lantas Polres Tana Toraja Tanamkan Tertib Lalu Lintas Sejak Dini

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Membangun kesadaran berlalu lintas sedari dini memang bukanlah hal yang mudah, di butuhkan komitmen yang kuat, keikhlasan untuk berbuat, pengabdian untuk masyarakat dan kecintaan pada bangsa dan negara.

“Membangun kesadaran berlalu lintas sedari dini merupakan investasi keselamatan jangka panjang yang akan dinikmati oleh generasi anak bangsa di masa yang akan datang,” tutur Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tana Toraja. IPTUAdnan Leppang, di sela-sela kegiatan pembagian helm kepada anak TK Kemala Bhayangkari, Makale, Tana Toraja, Kamis, 4 Agustus 2022.

“Tujuannya memang itu (membangung kesadaran dan tertib lalu lintas sejak usia dini),” kata IPTU Adnan lebih lanjut.

Selain membagikan helm pengaman dan memberikan game simulasi tertib berlalu lintas kepada anak taman kanak-kanak, sejumlah inovasi kegiatan kepolisian telah dilakukan jajaran Sat Lantas Polres Tana Toraja yang dikomondoi oleh IPTU Adnan Leppang, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keselamatan bagi para generasi pelanjut perjuangan bangsa.

Baca Juga  Kalau Ada Oknum “Polisi Nakal” Laporkan Secara Online Melalui Aplikasi “Propam Presisi”

Dari Police Go To School, lalu edukasi tentang tata tertib berlalu lintas di sekolah, pembangunan Zona Selamat Sekolah (ZOSS), Pelayanan Pagi Utamakan Keselamatan Pelajar, hingga upaya mengintegrasikan pendidikan lalu lintas ke dalam kurikulum pendidikan SLTA.

“Tidak henti-hentinya kita memberikan edukasi kepada anak sekolah, generasi muda kita, agar mereka mengerti serta memahami aturan lalu lintas,” kata IPTU Adnan.

Sebanyak 95 Helm khusus anak, di bagikan kepada tiap – tiap anak TK, disaksikan oleh guru dan orang tua anak didik.

95 helm dibagikan personil Sat Lantas Polres Tana Toraja kepada anak TK Kemala Bhayangkari Makale, dalam rangka pendidikan tertib lalu lintas. (dok. istimewah).

Kegembiraan nampak dari wajah anak dan orang tuanya. Antusias mereka ini melahirkan harapan kepolisian akan terwujudnya kesadaran berlalu lintas yang dimulai dari partisipasi orang tua mengingatkan anaknya untuk selalu menggunakan helm saat berkendara.

Baca Juga  Awal Tahun, Dalam 2 Hari, Dua Kasus Bunuh Diri Terjadi di Tana Toraja

“Helm khusus ini hanya sarana, yang tidak kalah penting adalah peran para orang tua dan guru dalam mendidik anak-anak kita, namun jika tidak di mulai dari sekarang, kapan lagi,” harap IPTU Adnan.

IPTU Adnan berharap selain membangun kesadaran sedari dini dan membangun edukasi tentang tertib berlalulintas, diharapkan juga akan menurunkan fatalitas dari akibat kecelakaan yang akan terjadi jika terjadi kecelakaan terhadap pengendara maupun boncengannya sehingga harapan terhadap target rencana keselamatan yang digadang-gadang dalam RUNK diharapkan dapat tercapai.

“Jadi, pada hakikatnya, penggunaan helm saat berkendara itu penting, karena helm dapat menurunkan fatalitas akibat dari kecelakaan jika kecelakaan terjadi, ini harapan kita selama ini, harapan kepolisian, sehingga banyak hal yang kita lakukan itu hanya untuk mewujudkan keselamatan pengendara diatas jalan raya, baik untuk pengendaranya maupun yang di bonceng, dan ini target yang tertuang dalam target rencana keselamatan yang digadang-gadang di dalam RUNK,” begitu pesan IPTU Adnan soal pentingnya penggunaan helm saat berkendara bagi pengguna kendaraan roda dua. (*)

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 Berhadiah Sepeda Motor, Catat Waktu dan Tempatnya

Penulis: Arsyad Parende/Rls
Editor: Arthur

Komentar