Resmi! Siswi SMAN 2 Toraja Utara Agatha Sapan Kallolangi Lolos Paskibraka Nasional

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Siswi SMAN 2 Toraja Utara, Agatha Sapan Kallolangi, dinyatakan resmi terpilih sebagai  anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Nasional tahun 2024.

Kepastian ini diketahui berdasarkan surat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan yang diterbitkan di Jakarta 21 Juni 2024.

Dalam surat yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Paskibraka tingkat Provinsi se Indonesia ini, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menetapkan dua nama Calon Paskibraka tingkat Nasional dari Provinsi Sulawesi Selatan yakni Try Adyaksa S. (Putra) dan Agatha Sapan Kallolangi (Putri).

Surat Pemberitahuan yang ditandatangani oleh Ir. Prakoso M.M Plt. Deputi Pendidikan dan pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ini diterbitkan setelah dilakukan verifikasi tingkat nasional sejak 09 sampai 13 Juni 2024 di Jakarta.

Baca Juga  Ada ASN Positif Covid-19, Pemkab Toraja Utara Tunda Beberapa Kegiatan yang Melibatkan Banyak Orang

Sebelumnya, panitia seleksi paskibraka tingkat Provinsi Sulsel mengirimkan 4 nama untuk mengikuti seleksi tingkat nasional setelah menjalani seleksi tingkat Provinsi di GOR Sudiang, Makassar, 13-15 Mei 2024 lalu.

4 nama yang dikirim tersebut salah satunya adalah Agatha Sapan Kallolangi Siswa SMAN 2 Toraja Utara.

Lolosnya Agatha Sapan Kallolangi’ seleksi tingkat nasional, ini adalah sejarah. Dimana dalam dua tahun berturut-turut ada dua putri Toraja yang ikut dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional di Istana Negara (tahun ini rencananya dilaksanakan di IKN Nusantara).

Sebab, tahun lalu (2023), ada putri Toraja atas nama Stevia Azalia Saranga, siswi SMA Negeri 5 Tana Toraja, juga lolos seleksi menjadi salah satu personil Paskibraka Nasional. Stevia Azalia Saranga sudah melaksanakan tugas dengan baik pada detik-detik peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023 yang lalu. (*)

Baca Juga  Pemda dan DPRD Tana Toraja Teken MoU Program INKLUSI Dengan Yayasan Eran Sangbure Mayang

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Artur

Komentar