Metode Persalinan Eracs Kini Hadir di RS Elim Rantepao, Ditanggung BPJS

Metode Persalinan Eracs dan Tim Dokter Ahli RS Elim Rantepao. (foto dok istimewa/kareba-toraja).

 


KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Kabar gembira hadir dari dunia kesehatan untuk masyarakat Toraja. Salah satu metode baru dalam dunia persalinan kini hadir di RS Elim Rantepao yakni metode Eracs.

Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS) merupakan metode persalinan operasi caesar dengan proses penyembuhan pasca operasi lebih cepat dibandingkan operasi caesar konvensional.

Ada beberapa keunggulan dari metode ERACS dalam persalinan diantaranya proses persalinan lebih nyaman.

Periode Puasa lebih singkat hanya 2 jam sebelum proses persalinan yang biasanya 6-8 jam bagi persalinan caesar biasaz proses pemulihan lebih cepat dan meminimalisir rasa nyeri pasca operasi.

Baca Juga  Program JKN Bantu Marthina Berjuang Melawan Vertigo

Adapun prosedur operasi caesar dengan metode Eracs yang perlu diketahui sebelum menjalani persalinan mulai dari puasa 2 jam sebelum operasi, evaluasi preoperatif, anestesi dan masuk pada tahap pembedahan.

Dan yang terpenting adalah Operasi dengan metode Eracs ini sudah berlaku pembayaran melalui BPJS dan Asuransi serta umum.

dr.Adrian B. Wijaya selaku Direktur RS .Elim Rantepao mengatakan metode Eracs ini memungkinkan ibu yang baru melahirkan untuk bisa duduk, berjalan, dan bergerak lebih cepat yaitu sekitar dua jam pasca operasi caesar.

“Hal ini memberi banyak manfaat bagi Ibu yaitu meningkatkan kepuasan dan kenyamanan ibu, berkurangnya risiko komplikasi dan durasi rawat, serta meningkatkan kedekatan antara ibu dan bayi”  urai dr.Adrian B. Wijaya

Baca Juga  Teater Keliling Sukses Pentaskan “Musikal Calon Arang” di Toraja dan 4 Kota Lainnya di Indonesia

dr.Adrian B. Wijaya nuga mengurai benefit atau keuntungan yang akan diperoleh jika melakukan operasi caesar Eracs di RS Elim Rantepao mulai dari Imunisasi Hb-0, pembuatan Akte Kelahiran dan pendaftaran BPJS untuk bayi baru lahir.

“Jika ibu hamil memiliki kondisi yang mengharuskan menjalani persalinan secara operasi, tidak ada salahnya untuk mendiskusikan metode ini dengan dokter kandungan di RS Elim Rantepao” tutup dr.Adrian B. Wijaya

Sementara itu, salah satu pasien bernama  Dian Martin yang pernah menjalani operasi eracs di RS Elim Rantepao memberikan pengalamannya.

Dian Martin mengatakan pemulihan metode eracs ini betul seperti yang dilihat selama ini.

“Saya lahiran hari ini, besoknya sudah keluar rumah sakit dan sudah bisa beraktivitas dan soal biaya semua ditanggung BPJS, tidak ada biaya tambahan” urai Dian Martin

Baca Juga  Sekelompok Warga Tolak Eksplorasi Panas Bumi di Lembang Balla, Tana Toraja

Adapun Tim Dokter Ahli RS Elim untuk persalinan Eracs yakni dr. Welly Hosea Sp. OG, dr. Jerisatria S.T, Sp.OG, dr. Dwicky L. Aries Sp.OG, dr. Prarindra Khrisanti, Sp.A, dr. Anggiat H.U, Sp.An-TI, M.ked.Klin dan dr. Wilma D. M. T, Sp.GK. Mkes.

Untuk informasi lengkap hubungi Customer Care 0821 9095 9393 (Senin – Jumat, pukul 08.00 – 15.00 WITA, Sabtu 08.00 – 13.00 WITA), Pendaftaran Via Aplikasi Mobile JKN (Khusus Pasien BPJS). UGD 24 Jam: 0822 9379 6458. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar