Lembang Landorundun, Toraja Utara Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Lembang (Desa) Landorundun, Kecamatan Sesean Suloara’, Kabupaten Toraja Utara masuk nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Pengumuman 50 besar ADWI 2024 itu dilakukan oleh Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Minggu, 26 Mei 2024.

Lembang Landorundun merupakan salah satu dari tiga wakil Provinsi Sulawesi Selatan yang masuk 50 besar ADWI 2024. Dua desa lainnya, yakni Desa Balleangin Kabupaten Pangkep dan Desa Mattabulu Kabupaten Soppeng.

Sebelumnya, Toraja Utara dan Tana Toraja sudah pernah meraih juara ADWI 2021, yang diwakili Desa Wisata Nonongan Kecamatan Sopai, Toraja Utara dan Desa Wisata Kole Sawangan, Kecamatan Malimbong Balepe’, Kabupaten Tana Toraja.

Kemudian, dua tahun berturut-turut, yakni 2022 dan 2023, tidak ada Lembang (Desa) dari Toraja yang masuk 50 besar ADWI.

Baca Juga  Promosi Wisata, Tim Penggerak PKK Lembang Palipu' Senam Sajojo di Atas Puncak Gunung Kandora

Perjalanan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024  telah memasuki babak akhir kurasi. Untuk sampai di tahap ini, proses yang diikuti oleh peserta cukup berat karena harus bersaing dengan 6016 desa wisata di seluruh Provinsi di Indonesia. Sehingga banyak dari para penggiat desa wisata menunjukan pesona terbaik serta menggali potensi yang dimiliki desa wisata untuk disajikan dengan semenarik mungkin.

“Untuk sampai di titik ini perjalanan desa wisata tidaklah mudah. Bersaing dengan 6016 desa wisata lainnya, membuat desa wisata berlomba-lomba menampilkan wajah terbaik desa wisatanya. Menggali seluruh potensi dan menyajikannya dengan kemasan yang sangat menarik,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Minggu, 26 Mei 2024.

Baca Juga  Kantor Camat Saluputti, Tana Toraja Dibobol dan Dirusak Orang Tak Dikenal

Proses kurasi dengan tahapan yang cukup panjang disertai analisis penilaian secara objektif oleh Dewan Juri, menghasilkan desa wisata terbaik yang menjadi barometer dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

“Setelah melalui proses kurasi yang panjang, analisis dan penilaian secara objektif oleh seluruh tim Dewan Juri, Kemenparekraf telah mendapatkan desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024,” kata Sandiaga.

Desa Wisata Landorundun terletak di Kecamatan Sesean Suloara, Kabupaten Toraja Utara. Lembang ini terletak di kaki gunung Sesean. Berada di ketinggian 2.100 mdpl.

Desa Wisata Landorundun berada di jalur jalan Poros Batutumonga-Pangala’. Desa wisata Landorundun  memiliki kuburan batu, yaitu  To’kua, Tobulan dan Patiang Boro. Yang mulai digunakan sejak  tahun 1600 sampai sekarang sebanyak 65 liang dan tempat pemujaan Aluk Todolo (agama leluhur orang Toraja).

Baca Juga  Lembang Gandangbatu Juara Turnamen Bola Voli Merah Putih Mengkendek-Gandasil 2023

Dusun Londong Biang memiliki kawasan daya tarik pemandangan alam yaitu persawahan, kebun kopi Arabika, beternak kerbau dan pegunungan yang indah dan sejuk. Serta memiliki tempat kelahiran situs Legenda Landorundun (Putri cantik rambut panjang). Sedangkan Dusun Salaga memiliki kawasan kerajinan bambu dan kerajinan manik-manik.

Selain pemandangan Alam yang indah dan sejuk Desa Wisata Landorundun juga memilik produk Lokal yang berkualitas tinggi di Toraja Utara khususnya di Lembang Landorundun Dusun Londong Biang yaitu Kopi Arabika, Kopi Tipika (Kopi Todolo). Juga beberapa keunggulan alam lainnya. (*)

Penulis: Desianti/Arsyad
Editor: Arthur

Komentar