oleh

Kole Sawangan dan Lembang Nonongan Masuk Daftar 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Desa Wisata Lembang Nonongan di Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara, serta Desa Wisata Kole Sawangan, Kecamatan Malimbong Balepe’, Kabupaten Tana Toraja, masuk dalam daftar 50 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Pengumuman 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021 ini dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, secara virtual, Senin, 23 Agustus 2021.

Sebelumnya, kedua Desa Wisata dari Toraja ini masuk 300 besar dan 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021, setelah melalui seleksi dan kurasi dari 1.831 Desa Wisata se-Indonesia.

Menparekraf, Sandiaga Uno, seperti dilansir laman jadesta.com, mengatakan sebanyak 1.831 Desa Wisata dari seluruh Indonesia yang mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Rangkaian ADWI tahun 2021 sudah melalui beragam tahapan. Mulai dari kurasi berdasarkan penilaian Dewan Kurator terhadap tujuh kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data.

Baca Juga  61,2 Persen Warga Sudah Divaksin, Menparekraf Apresiasi Pemkab Toraja Utara

“Mulai dari proses kurasi menjadi 300 besar, lalu dikerucutkan menjadi 100 hingga terpilih 50 besar Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Indonesia Bangkit,” terang Sandiaga.

Di Provinsi Sulawesi Selatan, dari 24 Desa Wisata yang masuk 300 besar ADWI 2021, tersisa tiga Desa Wisata yang masuk kategori 50 Desa Wisata terbaik, yakni Desa Wisata Kole Sawangan di Kabupaten Tana Toraja, Desa Wisata Lembang Nonongan di Kabupaten Toraja Utara, dan Desa Wisata Ara di Kabupaten Bulukumba.

Setelah masuk nominasi 50 besar Desa Wisata Terbaik, tahapan selanjutnya adalah visitasi atau dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno beserta tim.

Baca Juga  Sandiaga Uno: Objek Wisata Sa'pak Bayo-bayo Bisa Jadi Lourdes-nya Indonesia

Tahap terakhir adalah pemilihan 12 pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya