oleh

Wakil Bupati Pimpin World Cleanup Day di Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong dan Sekretaris Daerah, Rede Roni Bare memimpin langsung aksi bersih-bersih kota dalam rangkaian World Cleanup Day (Hari Kebersihan Sedunia), Sabtu, 18 September 2021.

World Cleanup Day merupakan aksi membersihkan sedunia yang diadakan serentak setiap tahun dan telah dilaksanakan di 166 negara, termasuk Indonesia, melibatkan lebih dari 200 kabupaten di 34 Provinsi sejak tahun 2018.

Bersama 26 komunitas masyarakat, Wakil Bupati Frederik Victor Palimbong dan Sekda Rede Roni Bare berkeliling kota Rantepao hingga ke Bolu memungut sampah dan memberikan edukasi kepada masyarakat yang dijumpai supaya masyarakat mulai memilah sampah organik dan non organik.

Baca Juga  85 Persen Responden Setuju Pertokoan Lama Rantepao Dibongkar

Kegiatan yang  juga diikuti Camat Rantepao dan jajaran ini berhasil mengumpulkan sampah di Pasar Pagi sebanyak 147 kilogram, Pasar Bolu 148 kilogram dan Lapangan Bakti, Art Centre 90 kilogram.

Gerakan global yang diikuti sekitar 150 orang relawan dari 26 komunitas yang peduli akan kebersihan lingkungan ini dikeman dalam bentuk santai dan diakhiri dengan panggung boneka edukasi pilah dan daur ulang sampah.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi dan berterimakasih kepada para relawan yang terdiri dari berbagai komunitas yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini yabg merupakan bagian dari gerakan peduli lingkungan oleh dua puluh juta relawan di seluruh dunia dan  memberikan pesan  kita harus  menjaga kebersihan di lingkungan masing masing dimulai dari diri sendiri.

Baca Juga  Jangan Terlena dengan Status Zona Hijau, Kasus Covid-19 Torut Terus Bertambah, Total 105
Ratusan warga dari 26 komunitas masyarakat yang melakukan aksi bersih dalam rangka World Cleanup Day di Rantepao dan Bolu, Sabtu, 18 September 2021. (AYR/Kareba Toraja)

Wakil Bupati juga bersyukur bahwa semua dari berbagai komunitas  tidak hanya berkomitmen tetapi turun langsung membersihkan Pasar Bolu, Pasar Pagi, Lapangan Bakti, dan seputaran Kota Rantepao.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya pada hari ini saja tetapi menggerakkan  kesadaran kita bersama dan menularkan ke lingkungan untuk setiap saat selalu menjaga lingkungan bersih di lingkungan tempat kita bekerja dan lingkungan rumah kita masing-masing,” pinta Frederik. (*)

Penulis: Desianti/Yaya
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya