oleh

Kodim 1414: Dua Pesawat TNI AU yang Bolak-Balik di Langit Toraja Tidak Lakukan Latihan Militer

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Dua pesawat yang terbang bolak-balik di wilayah udara Toraja dan menimbulkan tanda tanda warga dalam dua hari terakhir adalah pesawat angkut milik TNI Angkatan Udara dari Lanud Hasanuddin Makassar.

Keterangan ini diperoleh kareba-toraja.com dari Kodim 1414 Tana Toraja. “Iya, itu (pesawat) milik TNI AU di Makassar. Bukan pesawat tempur, tapi pesawat angkut,” terang Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Czi Zaenal Arifin melalui Danpokbansus Unit, Serma TNI Yerianto Ponglabba, Kamis, 11 Februari 2021.

Serma TNI Yerianto juga menyatakan bahwa kedua pesawat jenis Boeing 737-300 itu tidak sedang melakukan latihan militer. “Mereka (TNI AU) melakukan foto pesawat dengan latar objek wisata di Toraja,” katanya.

Baca Juga  Toraja Utara Terima Dua Penghargaan di Grand Opening Toraja Highland Festival

Karena kepentingan fotografi tersebut, terkadang dua pesawat Boeing itu terbang berjejer dan rendah di sekitar objek wisata. “Tadi jadwalnya di objek wisata Musesum Ne’ Gandeng, kemudian di Negeri di Atas Awan Lolai, tapi karena cuacanya tidak mendukung, mereka tunda lagi besok,” kata Serma Yerianto.

Kegiatan fotografi tersebut, kata Serma Yerianto, dilakukan TNI AU untuk turut serta membantu promosi objek-objek wisata yang ada di Toraja. “Selama ini mereka foto dengan latar pesawat tempur atau latihan militer, sekarang mereka mau foto dengan latar objek wisata,” terangnya.

Kegiatan tersebut, urai Serma Yerianto, kemungkinan akan berakhir pada Jumat, 12 Februari 2021.

Serma Yerianto juga mengingatkan masyarakat agar tidak khawatir dan tidak berspekulasi macam-macam dengan kehadiran dua pesawat dalam waktu bersamaan itu.

Baca Juga  Kemenparekraf, DPR RI, dan Dispar Toraja Utara Fasilitas Diskusi Inovasi Event Ditengah Pandemi

Sebelumnya, Kepala Bandar Udara Toraja, Rasidin, yang dikonfirmasi kareba-toraja.com, Kamis, 11 Februari 2021 pagi, menjelaskan bahwa dua pesawat yang terbang bolak-balik di langit Toraja Utara adalah pesawat militer yang sedang melakukan latihan di Toraja.

“Informasi yang kami peroleh dari Makassar bahwa ada pesawat militer yang melakukan latihan militer di Toraja. Soal apa jenis latihannya, saya tidak tahu,” terang Rasidin.

Rasidin menjelaskan bahwa izin terbang di wilayah udara Toraja untuk pesawat militer itu adalah satu minggu dan sudah berjalan dua hari.

“Izinnya satu minggu, tapi baru dua hari terbang. Mereka tidak landing di Bandara Toraja, tapi langsung pulang ke Makassar,” urai Rasidin.

Baca Juga  Jelajah Pesona Sulsel 2021; Bersepeda dari Makassar Sampai ke “Negeri di Atas Awan”

Rasidin mengatakan bahwa latihan pesawat militer itu tidak akan menggangu penerbangan di Bandara Toraja karena jalurnya berbeda. (*)

Penulis: Arsyad Parende/Herson Pasuang
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya