oleh

Ketiga Kalinya, Pemkab Toraja Utara Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara kembali mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM (hak asasi manusia) tahun 2020. Ini untuk ketiga kalinya secara berturut-turut kabupaten termuda di Sulsel itu mendapatkan penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM tersebut.

Pemberian penghargaan Kabupaten Peduli HAM tersebut dilaksanakan di sela-sela peringatan Hari Hak Asasi Manusia se dunia  yang diikuti secara virtual di Hotel Claro Makassar, Senin, 14 Desember 2020.

Sekretaris Daerah Toraja Utara, Rede Roni Bare menerima penghargaan itu dari Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah.

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia sedunia ke-72 dengan yang mengangkat tema “recover better start up for human rights”, itu dihadiri  Gubernur Sulawesi Selatan  Nurdin Abdullah, Kakanwil Kemenhukam Sulsel, serta beberapa pejabat Sulsel lainnya. Peringatan Hari HAM itu dilaksanakan secara Live Streaming dari Istana Negara dan beberapa Kementrian.

Baca Juga  Di Hari H Pilkada, GTPP Covid-19 Toraja Utara Umumkan 6 Kasus Baru dan 1 Meninggal Dunia

Sekda Toraja Utara, Rede Roni Bare mengatakan penghargaan sebagai Kabupaten  Peduli HAM ini sudah diterima Toraja Utara sebanyak tiga kali berturut-turut sejak tahun 2017-2020.

Rede menjelaskan, penghargaan ini diterima Kabupaten Toraja Utara atas penilaian sebagai kabupaten Peduli HAM tahun 2017 sampai 2020 dengan parameter penilaian  kepedulian hak asasi manusia atas bidang kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan perumahan dan lingkungan yang berkelanjutan dengan kriteria sebagai kabupaten peduli dalam penegakan HAM.

Rede Roni juga mengapresiasi kerja keras  Bagian Hukum Setda yang telah berkolaborasi dengan OPD  terkait  dalam kepedulian atas Hak Asasi Manusia dan berharap meneruskan berbagai  upaya untuk menegakkan HAM serta OPD tetap bergandengan untuk mempertahankan prestasi ini dengan perbaikan  pada point yang mendasar di Kabupaten Toraja Utara. (*)

Baca Juga  Polres Toraja Utara Hentikan Rambu Solo’ di Nanggala dan Pernikahan di Rantepao

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya