Jenazah Serda TNI Amiruddin, Tentara Kodim 1414 yang Meninggal Tenggelam Dipulangkan ke Kampung Halamannya

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Keluarga Besar Komando Distrik Militer (Kodim) 1414 Tana Toraja melaksanakan upacara pelepasan jenazah Almarhum  Serda TNI Amiruddin di Halaman RSUD Lakipadada Makale, Selasa, 10 Januari 2023.

Selanjutnya, jenazah Serda TNI Amiruddin diberangkatkan ke kampung halamannya di Takalar.

Upacara pelepasan jenazah itu dipimpin Komadan Kodim 1414/Tator, Letkol Inf. Monfi Ade Candra.

Pihak Kodim 1414 Tana Toraja menggelar upacara pelepasan jenazah setelah sebagian besar keluarga Almarhum meyakini dan menerima jenazah yang ditemukan di Sungai Sungai Ratte, yang merupakan salah satu cabang Sungai Maiting, tepatnya di Dusun Tinampu, Lembang Buntu Tagari, Kecamatan Dende’ Piongan Napo (Denpina), Toraja Utara, Minggu, 8 Januari 2023 malam.

Baca Juga  Kapolda Sulsel Bantu Korban Tanah Longsor di Tana Toraja

“Sebagian besar keluarga menerima bahwa itu merupakan jenazah Serda Amiruddin, sehingga kami melaksanakan upacara pelepasan,” terang Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Candra.

BERITA TERKAIT: Hendak Mencari Korban Tenggelam, Anggota TNI Kodim 1414 Tana Toraja Diduga Ikut Hanyut

Diberitakan sebelumnya, sesosok jasad lelaki dewasa ditemukan warga tersangkut pada sebatang kayu di aliran Sungai Ratte, yang merupakan salah satu cabang Sungai Maiting, tepatnya di Dusun Tinampu, Lembang Buntu Tagari, Kecamatan Dende’ Piongan Napo (Denpina), Toraja Utara, Minggu, 8 Januari 2023.

Personil Kodim 1414 dan Polres Toraja Utara dibantu warga setempat kemudian mengevakuasi jenazah tersebut lalu dibawa ke RSUD Lakipadada Makale untuk diidentifikasi.

Baca Juga  Ini Kronologi dan Identitas Korban Laka Lantas Maut di Jalan Poros Makale-Mengkendek

Kapolres Toraja Utara, AKBP Eko Suroso menjelaskan bahwa saat ditemukan, kondisi jenazah sudah membusuk dan hancur dengan wajah yang tidak dapat terlihat jelas. Juga tanpa adanya identitas yang melekat ataupun berada di sekitar jenazah.

BERITA TERKAIT: 7 Hari Dicari, Anggota TNI yang Diduga Tenggelam di Sungai Maiting Belum Ditemukan

Informasi yang diperoleh kareba-toraja.com, sejak informasi ditemukannya jenazah tersebut menyebar, sejumlah personil TNI dari Kodim 1414 Tana Toraja dan Polres Toraja Utara langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan evakuasi.

Gerak cepat tentara dan polisi ini diduga kuat terkait keberadaan anggota Kodim 1414 Tana Toraja bernama SERDA TNI Amiruddin, yang diduga terseret arus Sungai Maiting saat hendak mencari warga yang tenggelam di Lembang Lempo Poton, Kecamatan Rindingallo, Toraja Utara, pada Rabu, 9 November 2022.

Baca Juga  Jelang Toraja Carnaval, Panitia Gelar Workshop Fashion Desainer, Hadirkan Pemateri Nasional

SERDA TNI Amiruddin, yang diduga terseret arus Sungai Maiting saat melakukan tugas kemanusiaan mencari seorang warga Lembang Lempo Poton bernama Indo’ Palungan yang tenggelam dan terseret arus di Sungai Maiting.

BERITA TERKAIT: Pencarian Dihentikan, Kodim 1414 Tana Toraja dan Keluarga Serda Amir Tabur Bunga di Sungai Maiting

Proses pencarian terhadap SERDA TNI Amiruddin dilakukan Tim SAR Gabungan dan anggota TNI selama dua minggu. Namun proses pencarian itu dihentikan karena selama dua minggu itu SERDA TNI Amiruddin tidak ditemukan. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar