oleh

FOTO: Komunitas RunToraja Bersihkan Sampah di Gunung Sesean

KAREBA-TORAJA.COM, SESEAN — Memperingati ulang tahunnya yang kedua, komunitas lari Toraja, yang tergabung dalam “RunToraja” menggelar bakti sosial dengan melakukan aksi bersih di gunung Sesean, Minggu, 14 November 2021.

Sembari menikmati matahari pagi dalam selimut awan, puluhan anggota RunToraja memungut sampah-sampah yang berserakan di sekitar jalur pendakian gunung Sesean. Sampah-sampah ini diduga ditinggalkan oleh pengunjung gunung Sesean.

Puluhan kantong sampah yang berhasil dikumpulkan anggota komunitas RunToraja, bersama aparat kecamatan Sesean Suloara dan Lembang Suloara di Gunung Sesean.

“Peringatan  ulang tahun kedua ini dilaksanakan dengan gerakan peduli lingkungan yakni membersihkan gunung Sesean dari sampah plastik atau biasa disebut dengan plogging, yaitu lari sambil membersihkan sampah atau memungut sampah,” ungkap Anugerah Yaya Rundupadang, salah satu anggota komunitas.

Aksi ini, kata Yaya, merupakan wujud cinta lingkungan. “Aksi ini merupakan kolaborasi 45 orang, gabungan dari komunitas lari Runtoraja, Camat Sesean Suloara, Kepala Lembang Sesean Suloara, dan aparatnya,” kata Yaya.

Kampanye Plogging: lari sambil membersihkan sampah atau memungut sampah.

Gerakan peduli lingkungan ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta  Kecamatan Suloara’ dan Lembang Suloara’ sebagai bentuk kepedulian atas kelestarian,  keindahaan  lingkungan  serta panorama alam Gunung Sesean. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya