oleh

FOTO: Dampak Cuaca Buruk yang Menimpa Kota Makale Tadi Malam

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Kota Makale dan sekitarnya, Kamis, 10 Maret 2022 malam, menimbulkan dampak yang cukup berat kepada warga.

Selain genangan air di sejumlah ruas jalan utama, beberapa rumah warga juga rusak diterjang pohon tumbang dan angin kencang. Kemudian, beberapa batang pohon juga tumbang dan menghalangi badan jalan.

Pada Jumat, 11 Maret 2022, Camat Makale dan Lurah Tondon Mamullu berkeliling menjumpai warga yang terdampak bencana. Ada dapur dan kandang ternak milik warga yang rusak berat ditimpa pohon tumbang. Ada juga beberapa rumah warga yang atapnya rusak diterbangkan angin. Juga tanggul yang roboh akibat hujan.

Baca Juga  Event Toraja Carnaval Bertujuan Membangkitkan Pariwisata

Lurah Tondon Mamullu, Daniel Tanding, kepada kareba-toraja.com, Jumat, 11 Maret 2022 petang, menjelaskan dapur rumah dan kandang ternak yang ditimpa pohon di wilayah Kelurahannya milik Mery Tappi Miko.

Kemudian, sejumlah rumah yang atapnya rusak tertiup angin, diantaranya milik  Papa Tian dan Nasri di Lingkungan Mamullu, Kelurahan Tondon Mamullu.

Aparat kepolisian dan sejumlah warga mengevakuasi pohon tumbang di Taman Seni Kota Makale. (foto: dok. Polantas Toraja).

“Ada juga tanggul yang roboh di lingkungan Bulo akibat derasnya air dari gunung,” ungkap Daniel.

Di Taman Seni Kota Makale, aparat Kepolisian dari Satuan Lalu Lintas juga mengevakuasi serta membersihkan material batang, dahan, ranting, dan daun pohon yang tumbang diterjang angin pada Kamis malam.

Baca Juga  Pemkab Tana Toraja Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2022
Tiga unit lumbung padi (alang) di Tongkonan Potok Manggau, Kelurahan Manggau, tumbang diterjang angin disertai hujan lebat, Kamis, 10 Maret 2022 malam. (foto: dok. Pong Shania).

Dari Potok, Kelurahan Manggau dilaporkan tiga unit lumbung (alang) milik warga setempat, juga tumbang diterjang angin kencang disertai hujan lebat pada Kamis malam. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya