DR Esther Ryan: Caleg Perempuan Harus Buktikan Kemampuan, Jangan Bergantung Popularitas Suami

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Tokoh Perempuan Toraja yang juga Ketua Perempuan Toraja Berdoa, DR. Esther Ryan M. Mandalawati angkat bicara tentang peran perempuan di momentum Hari Ibu Nasional yang jatuh tepat hari ini 22 Desember 2023.

Esther Ryan mengatakan Hari Ibu tidak sekedar simbol untuk diperingati tapi menjadi pesan bahwa Hari Ibu merupakan peringatan bagi perempuan bahwa perempuanlah yang melahirkan dan menjadi penerus generasi yang berkarakter.

Masuknya keterwakilan perempuan 30 persen dalam politik menjadi bukti peran perempuan sangat diperhitungkan potensinya dalam pembangunan bangsa.

“Ibu adalah bagian daripada pembentukan Negara kecil bernama rumah tangga, disana anak dan seluruh anggota keluarga merasakan sentuhan peran ibu,” kata DR Ester.

Baca Juga  OPINI: Remaja dan Bunuh Diri

Berbicara konteks Toraja secara khusus, DR. Esther Ryan mengapresiasi banyak perempuan yang berani dan mau maju jadi caleg, hal ini adalah suatu kebanggaan dan bukti kemajuan yang signifikan bagi daerah ini.

Meski begitu, DR. Esther ryan berpesan agar perempuan yang memilih masuk dalam politik agar tidak meninggalkan peran utama dalam keluarga.

Esther Ryan juga menyinggung para perempuan yang masuk dalam kontestasi politik karena popularitas atau posisi tawar yang dimiliki oleh suami atau keluarga.

“Jangan juga terlalu over confidence bahwa jika kita dibantu suami, kita punya militan banyak, punya uang banyak, punya keluarga banyak sudah pasti duduk, itu belum tentu,” kata DR. Esther Ryan.

Baca Juga  Theofilus: Bukan Saya yang Hapus Honorer, Tapi Undang-Undang

Esther Ryan menyebut perempuan harus berjuang dengan intelektual dan konsep pemikiran yang bisa dijual yang bisa dilihat masyarakat bahwa anda pantas untuk dipilih. (*)

Penulis: Siska Papalangi’
Editor: Arthur

Komentar