oleh

Dan Pongtasik Reses di Mebali Gandangbatu Sillanan, Masyarakat Berharap Peningkatan SDM Sambut Hadirnya Bandara Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, GANDASIL — Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dan Pongtasik melaksanakan reses masa sidang II tahun 2020-2021 di Kelurahan Mebali, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Kabupaten Tana Toraja, Selasa 09 Februari 2021.

Dalam reses masa sidang II ini, selain mendengar dan menerima aspirasi masyarakat, Dan Pongtasik juga melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Di hadapan peserta Reses mulai dari Lurah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama , Tokoh Pendidikan dan Tokoh Pemuda , serta ratusan warga masyarakat, Dan Pongtasik mengajak masyarakat agar tidak abai terhadap protokol kesehatan dan tetap menjaga pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari Covid-19 Dalam reses yang digelar di halaman kantor Lurah Mebali tersebut , masyarakat yang hadir mengusulkan beberapa hal berkaitan dengan beroperasinya Bandara baru Toraja.

Baca Juga  Dan Pongtasik Reses di Deri Sesean Toraja Utara, Warga Keluhan Keterbatasan Jaringan Listrik

Masyarakat Mebali termasuk wilayah paling dekat dengan Bandara setelah Kelurahan Rantekalua’ (Ge’tengan) sehingga masyarakat berharap hadirnya Bandara baru tidak membuat mereka hanya jadi penonton tapi mampu mencuri peluang meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kelompok Wanita Mebali berharap kepada Dan Pongtasik agar difasilitasi kegiatan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui kursus atau pelatihan agar mampu menghasilkan produk bernilai ekonomi. Masyarakat Mebali juga memiliki kawasan pertanian yang luas sehingga kebutuhan Embung untuk mengairi sawah dan kebutuhan air untuk budidaya perikanan sangat dibutuhkan masyarakat.

Masyarakat juga minta sarana dan prasarana Posyandu karena selama ini kegiatan Posyandu masih dilaksanakan dengan memanfaatkan Kantor Kelurahan. Dan Pongtasik mengatakan dalam jeda masa sidang II ini kami turun ke dapil masing-masing untuk menerima dan menyerap aspirasi masyarakat, lalu Kami bawa ke sidang dan diseleksi sesuai dengan Kewenangan tingkat Provinsi dan ketersediaan anggaran.

Baca Juga  JRM: Toraja Kaya Akan Kebudayaan Takbenda, Harus Kita Lestarikan!

“Hasil dari Reses ini tentu menjadi catatan strategis untuk saya bawah ke Provinsi, dan tentu kita akan perjuangkan sepanjang sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku,” tutup Dan Pongtasik.

Di hadapan peserta Reses, Dan Pongtasik juga menjelaskan progres pengerjaan 3 ruas jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Tana Toraja yakni Poros Mebali – Kaduaja, Poros Passo’bo – Matangli, Poros Batupapan – Rantetayo – Kurra. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya