oleh

Bupati Toraja Utara Terima Piagam Penghargaan Desa Wisata Lembang Nonongan

KAREBA-TORAJA.COM, SOPAI — Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menerima piagam penghargaan Desa Wisata Lembang Nonongan, Senin, 22 November 2021. Piagam penghargaan itu diserahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Piagam penghargaan yang diterima Bupati Toraja Utara itu diberikan kepada Desa Wisata Lembang Nonongan, sebagai 50 Desa Wisata Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Selain Lembang Nonongan, Desa Wisata Kole Sawangan dari Kecamatan Malimbong Balepe’, Kabupaten Tana Toraja juga mendapat piagam penghargaan yang sama.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan ADWI tahun 2021 mengusung tema besar “Desa Wisata Indonesia Bangkit”. Dengan tema ini, kata Sandiaga, diharapkan Desa Wisata menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional, yang sempat terganggu karena pandemi virus Corona.

Baca Juga  Efisiensi Anggaran, Pemkab Toraja Utara Tidak Perpanjang Kontrak Mess Jakarta

“Dari 1.831 desa yang ikut Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021, Lembang Nonongan terpilih menjadi 50 besar Desa Wisata Terbaik. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk membangkitkan ekonomi dan kembali menjadikan Toraja sebagai destinasi unggulan setelah Bali,” ungkap Sandiaga.

Untuk itu, lanjut Sandiaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyiapkan program-program yang disesuaikan dengan program pemerintah kabupaten Toraja Utara, yakni “Lembang Adat”.  “Dan kita kembali ke kearifan lokal. Banyak pula UMKM yang perlu dikembangkan agar bernilai ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, mengatakan predikat Desa Wisata Unggulan yang diperoleh Lembang Nonongan akan dipadukan dengan program pemerintah daerah yakni Lembang Adat.

Baca Juga  APBD Toraja Utara Tahun 2022 Diproyeksi Rp 1,040 Triliun, PAD Rp 69,8 Miliar

Lembang Adat, kata Bassang, akan mem-Perda-kan seluruh kearifan lokal, terutama pada upacara pemakaman dan syukuran. “Tentu kami bersyukur karena anugerah Desa Wisata ini. Semoga kolaborasi dengan Lembang Adat akan membangkitkan kembali industri pariwisata di Toraja Utara,” ujar Yohanis Bassang. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya