oleh

Bupati Toraja Utara Diberi Penghargaan Atas Inovasi “Kantor Bupati Mobile”

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mendapat penghargaan atas inovasi “Kantor Bupati Mobile” yang dinilai sangat membantu masyarakat.

Award tersebut diperoleh Yohanis Bassang pada malam puncak HUT Fajar ke-40, di Hotel Gammara, Makassar, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Selain Bupati Toraja Utara, sejumlah kepala daerah di Sulsel juga turut menerima penghargaan. Malam penganugerahan kepala daerah berprestasi ini dihadiri Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Inovasi “Kantor Bupati Mobile” digagas Yohanis Bassang di awal pemerintahannya bersama Frederik Victor Palimbong. Program ini berbasis pelayanan layaknya kantor bupati, tetapi dilakukan secara mobile atau berpindah pindah dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya.

Program ini, seperti yang sering diungkapkan Yohanis Bassang, bertujuan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di pelosok. Sehingga dalam mengurus berbagai keperluan, warga cukup melakukannya di kecamatan saja.

Baca Juga  Hujan Lebat Sebabkan Longsor di Beberapa Lokasi di Toraja Utara

“Mereka tak perlu lagi ke kota, karena sudah ada layanan layaknya kantor bupati di kecamatan,” katanya.

Kantor Bupati Mobile pertama kali diterapkan Pemkab Toraja Utara pada Mei 2021 di Kecamatan Awan Rantekarua menjadi daerah pertama yang diuji coba.

Bassang mengungkapkan bahwa program Kantor Bupati Mobile sudah menjadi prioritasnya sejak awal. Ia mengaku tahu betul masyarakat merasakan kesenjangan pelayanan karena jarak ke kota yang terbilang jauh.

“Tujuan Kantor Bupati berpindah-pindah (mobile) untuk mendekatkan pelayanan dan menjawab segala keluhan masyarakat,” jelasnya.

Menanggapi penghargaan yang ia raih itu, Bassangmengatakan, award bukanlah tujuan akhir. Yang terpenting adalah program ini memberi maslahat untuk masyarakat. “Penghargaan ini saya dedikasikan untuk masyarakat Toraja Utara. Semoga program Kantor Bupati Mobile terus dirasakan manfaatnya,” katanya. (*)

Baca Juga  Lembaga Anti Korupsi Indonesia Kini Hadir di Toraja

Penulis: Papa Rey/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya