oleh

Belum Setahun Bekerja, Dekranasda Toraja Utara Sudah Melaksanakan Banyak Kegiatan untuk Menggairahkan UMKM

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Meski belum genap setahun bekerja, namun Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Toraja Utara sudah mampu melaksanakan beberapa kegiatan berskala lokal maupun nasional dengan tujuan membangkitkan sektor usaha mikro kecil menangah (UMKM) di Toraja Utara.

“Ada 46 orang yang dilantik menjadi pengurus Dekranasda Toraja Utara, periode 2021-2026. Setelah dilantikan oleh Bapak Bupati, kami langsung tancap gas melaksanakan beberapa event, baik yang bersifat lokal maupun nasional,” ungkap Wakil Ketua Dekranasda Toraja Utara, Damayanti Batti, dalam kegiatan Sosialisasi Pedoman Penyelenggaraan Gerakan PKK yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan di Hotel Claro Makassar, Rabu, 8 Desember 2021.

Baca Juga  2 Rumah dan 5 Lumbung Milik Warga Ludes Terbakar di Balusu

“Kegiatan lainnya yang telah dilakukan sepanjang tahun 2021 seperti Pelatihan Alat Tenun Bukan Mesin ATBM di Lembang Sa’dan Andulan, kemudian kegiatan Penguatan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga di Pare-Pare,” ujar Damayanti lebih lanjut.

Dekranasda dan TP PKK Toraja Utara juga ikut meramaikan Pameran Toraja & Beyond Tourism di Stasiun MRT Jakarta. Pameran tersebut di ikuti oleh salah seorang pelaku IKM Binaan Dekranasda Toraja Utara, dan mempromosikan sebanyak 20 Produk IKM Toraja Utara, diantaranya Tenun, Sepu’, Manik-manik, ukiran, anyaman, patung(tau-tau), dan tas.

“Selain itu, event yang pernah diselenggarakan seperti Pameran di Toraja Highland Festival adalah Kegiatan yang dilaksanakn oleh Bank Indonesia dan Masata (Masyarakat Sadar Wisata), dimana salah satu kegiatan yang diadakan adalah Pameran UMKM, sehingga Dekranasda Toraja Utara menghadirkan 15 IKM Binaan untuk ikut berpartisipasi dalam Pameran UMKM tersebut,” urai Damayanti.

Baca Juga  Percepat Pencairan Gaji 13 ASN Toraja Utara dan Tana Toraja, KPPN Makale Buka Layanan Hari Sabtu dan Minggu

Usai event Toraja Highland Festival dilanjutkan dengan Pameran UMKM di Pekan Pemuda (KNPI) Toraja Utara. Jumlah IKM binaan Dekranasda yang mengikuti Pameran KNPI sebanyak 16 UKM.

“Kemudian pelatihan vocational produksi dan pengolahan, pemasaran, SDM, serta desain dan teknologi. Pelatihan ini diikuti oleh Amelia Art yang adalah UKM Binaan Dekranasda Toraja Utara,” jelas istri Wakil Bupati Toraja Utara ini. (*)

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar