oleh

Ditinjau Wagub Sulsel, Begini Kondisi Jalan Poros Passobo-Matangli-Massupu

KAREBA-TORAJA.COM, TANA TORAJA — Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meninjau proyek pembangunan ruas jalan provinsi poros Passobo-Matangli-Massupu, yang terletak di Kecamatan Malimbong Balepe’, Kabupaten Tana Toraja, Selasa, 1 Desember 2020.

Selain di Tana Toraja, Andi Sudirman Sulaiman juga meninjau proyek pembangunan jalan provinsi poros Rantepao-Sa’dan-Batusitanduk, yang ada di Kabupaten Toraja Utara.

Jalan poros Passobo-Matangli-Massupu merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Tana Toraja dengan Kabupaten Pinrang.

Pembangunan jalan ini sekaligus memudahkan akses transportasi untuk dua wilayah terisolir di Kabupaten Tana Toraja, yakni Kecamatan Simbuang dan Mappak.

“Ruas jalan ini kami bangun bertahap sebagai wujud pemerataan pembangunan dan berkeadilan,” terang Andi Sudirman Sulaiman di sela-sela peninjauan.

Baca Juga  Wagub Sulsel Siap Dukung Kongres GMKI Tahun 2022 di Toraja

Di era kepemimpinan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, memiliki program prioritas, salah satunya untuk infrastruktur khususnya diwilayah terisolir. Selain ruas jalan itu, Pemprov Sulsel pun memberikan perhatian dengan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Toraja. Beberapa diantaranya  Pembangunan jalan Bua di Luwu ke Kete Kesu, Rantepao Toraja Utara.

“Kebutuhan membangun harus menghilangkan kepentingan politik. Pilihan yang berdasarkan hati nurani yang harus di utamakan,” katanya.

Ruas jalan di bagian barat Tana Toraja ini memang menjadi perhatian serius pemerintah dan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. Ini dibuktikan dengan besarnya alokasi anggaran, baik di APBD induk tahun 2020 maupun APBD-P. Pada APBD induk tahun 2020, ruas jalan Passobo-Matangli-Masuppu ini mendapat alokasi anggaran Rp 11,6 miliar. Di APBD Perubahan alokasinya lebih besar lagi.

Baca Juga  Dipanggil KPK, Andi Sudirman Beri Keterangan Terkait Proyek Strategis di Sulsel

Berdasarkan APBD-P yang baru disahkan beberapa waktu lalu, ada tiga mata anggaran yang dialokasikan untuk membuka isolasi daerah bagian barat Tana Toraja dan menghubungkannya dengan kabupaten tetangga, Pinrang.

Berikut alokasinya:

  • Pembangunan jalan ruas Passobo-Matangli-Masuppu (Tana Toraja) Rp 81.724.981.233
  • Pembangunan jalan ruas Masuppu – Batas Pinrang (Tana Toraja) Rp 11.030.827.933
  • Pembangunan jalan ruas Passobo-Matangli-Masuppu I (Tana Toraja) Rp 11.400.000.000

Ketua Komisi D DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, John Rende Mengontan mengatakan, meski terjadi pemotongan (refocusing) anggaran untuk membiayai penanggulangan dampak Covid-19, namun sejumlah proyek infratruktur di Sulawesi Selatan tetap akan terlaksana.

Komisi D adalah komisi yang menangani infrastruktur.

“Semoga dengan dukungan yang kuat dari pemerintah Provinsi, dalam hal ini Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur, pembangunan jalan poros Passobo-Matangli-Massupu ini bisa segera selesai dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” harap politisi Partai Golkar asal Toraja ini. (*)

Baca Juga  FOTO: Begini Kondisi Jalan Poros Sa’dan – Batusitanduk Saat Musim Hujan

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya