Bawaslu Pastikan Tidak Ada Calon Perseorangan di Pilkada Tana Toraja dan Toraja Utara 2024

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Bawaslu Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara melaksanakan pengawasan hari terakhir penyerahan dokumen pemenuhan persyaratan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara Tahun 2024 yang bertempat di Kantor KPU masing-masing Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Berdasarkan jadwal penyerahan syarat dukungan bakal calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada serentak 2024 sebagaimana Keputusan KPU RI No 532 tahun 2024 yakni dimulai pada tanggal 8 – 12 Mei 2024 hingga pukul 23.59 Wita.

Namun hingga waktu yang ditentukan, kedua KPU, baik KPU Tana Toraja dan Toraja Utara tidak ada satupun bakal Calon perseorangan yang datang menyerahkan dokumen persyaratan.

Baca Juga  Hari Ini, Dua Lagi Jenazah Warga Tana Toraja Dimakamkan dengan Protap Covid-19

Sehingga dengan demikian, dipastikan pelaksanaan Pilkada di dua Kabupaten ini untuk Pilkada 2024 tidak akan ada calon perseorangan, yang dulu biasa disebut Calon Independen.

Dengan berakhirnya jadwal yang ditentukan maka KPU Tana Toraja dan Toraja Utara melaksanakan Pleno Penetapan Rekap Penerimaan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan wakil bupati Tana Toraja Tahun 2024 pukul 00:00 wita dini hari tanggal 13 Mei 2024.

Dalam Rapat Pleno tersebut ditetapkan “tidak terdapat pasangan calon perseorangan yang melakukan penyerahan dukungn”, berdasarkan hasil dari Sistem Informasi Pencalonan Kepaka Daerah (SILONKADA).

Rapat pleno tersebut dihadiri masing-masing komisioner KPU dan Bawaslu masing-masing Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Baca Juga  Anggaran Profile Lembang di Toraja Utara Sebesar Rp 2,5 Miliar Diusut Kejaksaan

Di Tana Toraja rapat pleno dihadiri langsung oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tana Toraja Widyatmo.

Sementara di Toraja Utara dihadiri langsung Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Arifin. (*)

Penulis: Indra
Editor: Arthur

Komentar