Empat Pengurus Daerah PMTI di Wilayah Provinsi Banten Resmi Dilantik

KAREBA-TORAJA.COM, SERANG — Empat Pengurus Daerah (PD) Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) dibawah naungan Pengurus Wilayah PMTI Provinsi Banten resmi dilantik, Sabtu, 11 Februari 2023, di Kota Serang, Banten.

Empat PD PMTI yang dilantik itu, masing-masing PD PMTI Kabupaten Tangerang, Ketua Pither Sumbung, Ketua Penasehat Frederik Papulung. Kemudian, PD PMTI Kota Tangerang, Ketua Adrianus Panannangan, Ketua Penasehat Melanton Papulung dan Dr Lince Tammu. Berikut, PD PMTI Kota Tangerang Selatan, Ketua Bandi Parapak, Ketua Penasehat Victor Bitticaca. Terakhir, PD PMTI Serang dan Sekitarnya Ketua Luter Tangkererung, Ketua Penasehat Edi Pampangrara.

Pelantikan dan pengukuhan Empat Pengurus Daerah PMTI Masa Bakti 2022-2026 ini dirangkaikan dengan syukuran Natal dan Tahun Baru 2023.

Ketua Wilayah PMTI Provinsi Banten, Ir. Purnama Pangalinan, MMTr. mengatakan pelantikan empat PD PMTI dan ibadah syukur natal dan tahun baru ini merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami semua pengurus/Panitia dan warga PMTI Wilayah Provinsi Banten.

“Momen kali ini adalah merupakan momen yang baik dan bersejarah dimana malam ini kita dapat berkumpul yang dihadiri mulai dari Pemprov Banten, Pemda/Pemkot Serang, Kapolda, Kapolres,Kajati Banten, Kopasus, Para penasehat PMTI, Penasehat PW PMTI Banten, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Persatuan Perempuan Toraja Indonesia smeua berkumpul menjadikan malam ini boleh dikatakan malam Silahtuhrahmi yang sangat indah dan damai,” kata Ir. Purnama Pangalinan.

Baca Juga  Pertina Tana Toraja Target Juara Umum di Kejuaraan Tinju PMTI Cup Mamasa

“Kami juga bersyukur atas banyak hal diantaranya adalah Pandemi Covid-19 yang telah kita lewati selama hampir 3 tahun yang mencekam kita semua dan kami amati dan catat bahwa untuk warga PMTI Provinsi Banten, puji Tuhan tidak ada yang male sau’,” kata Purnama lebih lanjut.

PMTI Provinsi Banten ikut juga berpartisipasi atas terjadinya banjir bandang di Wasior Papua tahun 2020, Gempa di Mamuju Tahun 2021, Angin Puting Beliung di NTT-Kupang, renovasi tempat ibadah di Cabang Kebaktian Paonganan Gereja Toraja To’ao’ diperbatasan Toraja Utara dan Luwu Utara serta Ikut berpartisipasi pada setiap event yang dilaksanakan oleh Pengurus Pusat PMTI seperti Hari Kartini dan Hari Jadi Toraja tahun  2022, Magical Toraja 2022 juga PMTI Banten ikut mensukseskan Musyawarah Besar PMTI Tahun 2021 dimana warga Banten yang terpilih sebagai Ketua Umum yaitu Bapak Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa yang juga jika Tuhan menghendaki akan menjadi Calon Gubernur Sulawesi Utara.

Baca Juga  Siswi SMA Asal Toraja Utara Disebut Lolos Seleksi Paskibraka Nasional 2024

“Tentunya sebagai organisasi masyarakat, dan kehadiran  PMTI di Wilayah Provinsi Banten kami berusaha untuk mewujudkan secara nyata persatuan dan kesatuan  serta membina hubungan kekeluargaan, kegotongroyongan dan kebersamaan di kalangan perantau dan “Diaspora” Toraya dalam rangka persatuan nasional, membina dan mengembangkan potensi masyarakat Toraya bagi pembangunan daerah dan nasional,” tandas Purnama.

Sementara itu, Ketua Umum PMTI, Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa  berharap, PMTI menjadi salah satu organisasi yang dapat memberikan dukungan dalam bentuk sosial kemasyarakatan, SDM dan Seni Budaya, dan ikut mendukung pariwisata di Provinsi Banten.

“Kami mendukung PMTI Banten dalam program kerja dalam periode 2020-2025. Kami akan berusaha untuk mengkonsolidasikan masyarakat Toraya Perantau dan “Diaspora” di Tingkat Kabupaten/Kota untuk menjadi anggota dan mendukung program kerja yang dilaksanakan oleh PMTI Wilayah dan PMTI Pusat serta memperhatikan kondisi dan kebutuhan warga anggota PMTI se-Provinsi Banten,” ungkap Yulius.

Baca Juga  Kembali Dilantik, Welem Sambolangi Jadi Ketua Karang Taruna Tana Toraja Tiga Periode

Berikut, beberapa program yang akan dilaksanakan Pengurus Pusat PMTI:

  • Berusaha untuk mengupayakan penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia bagi masyarakat Toraya yang mengalami masalah hukum.
  • Mendukung dan menjalin Kerjasama dengan Pemerintah Daerah/Kota se-Provinsi Banten dalam menyinergikan Pembangunan Daerah dan Nasional dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
  • Mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai potensi masyarakat Toraya sesuai dengan latar belakang Pendidikan dan keahliannya, Mendukung pengembangan Pariwisata serta Seni dan Budaya Toraja, baik di tingkat Daerah, tingkat Nasional dan tingkat Internasional. Mendorong pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam dalam rangka pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat Toraya.

“Saya berharap pengurus yang baru dapat melaksanakan program-program kerjanya dengan penuh profesionalisme dan dedikasi tinggi, dalam rangka memajukan organisasi, daerah, bangsa dan negara. Kepada pengurus yang dilantik, saya mengucapkan selamat bekerja dan mengabdi. Misa’ kada dipotuo, pantan kada dipomate,” pungkas Yulius. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar