oleh

Badan Jalan Poros Salu-Dende’ Putus Akibat Longsor, Lalu Lintas Terhambat

KAREBA-TORAJA.COM, SOPAI — Hujan lebat yang mengguyur wilayah Toraja Utara pada Selasa, 17 Januari 2023 diduga kuat menjadi penyebab terjadinya tanah longsor di Lembang Salu Sarre, Kecamatan Sopai, Toraja Utara pada Rabu, 18 Januari 2023 dini hari.

Tanah longsor itu menyebabkan badan jalan poros yang menghubungkan kecamatan Sopai dan Kecamatan Dende’ Piongan Napo (Salu-Dende’), ablas dan terputus.

Dampaknya, lalu lintas kendaraan maupun orang menjadi terhambat.

Sebelumnya pernah terjadi juga bencana tanah longsor di lokasi yang sama beberapa bulan lalu. Namun masih bisa direhabilitasi sehingga bisa digunakan kembali oleh masyarakat. Namun saat ini, kondisi badan jalan sudah amblas dan terputus total.

Baca Juga  Kecamatan Kesu’ dan Balusu Juara Lomba Penyuluhan dan Administrasi Posyandu

“Longsornya kemarin malam. Ini sudah dua kali terjadi longsor di lokasi ini,” tutur Danial, warga Salu Sarre.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kabupaten Toraja Utara sudah merespon laporan warga dengan mengunjungi lokasi pada Rabu, 18 Januari 2023.

“Hari ini kami datang meninjau sebagai respon atas laporan masyarakat. Selanjutnya akan kami laporkan ke pimpinan untuk mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu, sesuai prosedur yang ada,” terang Saul Samperinding, Kabid Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPPD Toraja Utara. (*)

Penulis: Desianti/Alb
Editor: Arthur

Komentar