Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Toraja Salurkan Donasi kepada Keluarga Korban Kebakaran di Nanggala

KAREBA-TORAJA.COM, NANGGALA — Bencana kebakaran yang menimpa sebuah rumah di samping gereja Toraja Jemaat Kole, Dusun Buntu, Lembang Nanggala, Kecamatan Nanggala, Kamis, 13 April 2023 membangkitkan rasa solidaritas dari berbagai organisasi mahasiswa dan pemuda untuk menggalang donasi untuk membantu keluarga korban.

Bentuk kepedulian tersebut, pada Sabtu, 15 April 2023 sejumlah organisasi pemuda dan mahasiswa yang diprakarsai Badan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana (BKPB) Pemuda Pancasila Toraja Utara, melakukan aksi pengumpulan donasi di Kota Rantepao.

Kegiatan ini digelar di beberapa titik di Kota Rantepao, Toraja Utara.

Hasil dari aksi pengumpulan donasi tersebut diserahkan kepada keluarga korban pada Minggu, 16 April 2023. Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Toraja Utara, Santaufan Rombe Layuk beserta perwakilan dari setiap organisasi yang ikut terlibat, menyerahkan langsung bantuan tersebut.

Baca Juga  Taat Aturan, Bacaleg Demokrat DPRD Provinsi, Yuniana Mulyana Turunkan Sendiri Balihonya

Siaran pers tertulis yang diterima redaksi kareba-toraja.com, menyebutkan sejumlah organisasi yang terlibat dalam aksi pengumpulan donasi tersebut. Diantaranya: Korps Pecinta Alam Abadi PP Torut (KPA ABADI), Ikatan Mahasiswa Sang Balusuan (IMSB), Persatuan Mahasiwa Sa’dan (PMS), Komunitas Pecinta Alam Sesean (KPA), Himpunan Mahasiswa Kecamatan Nanggala (HMKN), dan  Himpunan Mahasiswa Tondon (HIMATON).

Juga Gerakan Mahasiswa Toraja Utara (GEMATUR), Organisasi Pecinta Alam Adventure Sang Torayan (OPAS), Gabungan Muda Puling (GMP), Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Toraja Utara, dan Srikandi Pemuda Pancasila Toraja Utara (SRIKANDI).

Catatan para pemuda dan mahasiswa tersebut, bahwa dalam dua bulan terakhir telah terjadi beberapa kali musibah kebakaran di beberapa titik wilayah Toraja Utara, setidaknya ada tujuh titik yang mereka ketahui.

Baca Juga  Bukan Konvoi di Jalan Raya, Siswa SPP Pala-Pala Rayakan Kelulusan dengan Misa Syukur

“Harusnya pemerintah melalui dinas terkait agar peka terhadap bencana kebakaran melalui program-program jitunya agar bencana ini boleh di minimalisir,” tegas Sandy Parantean, Jenderal lapangan pada aksi tersebut sekaligus sebagai Ketua Badan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana Pemuda Pancasila Toraja Utara.

Diberitakan sebelumnya, selain rumah tinggal, harta benda, satu jenasah yang disemayamkan juga ikut terbakar. Beruntung jenasah yang disemayamkan di rumah tersebut, tidak terbakar seluruhnya. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar