63 Anggota Panwascam Pilkada Toraja Utara Resmi Dilantik

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Sebanyak 63 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Toraja Utara 2024 resmi dilantik, Sabtu, 25 Mei 2024.

Proses pelantikan yang berlangsung di Hotel Heritage Rantepao dipimpin Ketua Bawaslu Kabupaten Toraja Utara, Brikken Linde Bonting. Para anggota Panwascam yang dilantik didampingi rohaniawan.

63 Anggota Panwascam ini akan bertugas di 21 Kecamatan dimana masing-masing kecamatan terdiri dari 3 orang anggota.

Kegiatan pelantikan Panwascam dirangkaikan dengan pembekalan yang berlangsung dua hari, Sabtu s/d Minggu 25-26 Mei 2024.

Pelantikan anggota Panwascam tersebut dihadiri dan disaksikan Wakil Bupati  Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, Anggota Bawaslu Sulsel Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Syamsuar Saleh, Sekda Toraja Utara, Ketua KPU Toraja Utara, dan Forkopimda.

Baca Juga  Hendak Calon Walikota Makassar, Putra Toraja Ini Minta Doa Restu ke BPS GT

Ketua Bawalsu Toraja Utara, Brikken Linde Bonting dalam sambutannya, menegaskan bahwa setelah dilantik, Panwascam akan segera bertugas di masing-masing wilayah kecamatan.

“Tugas pertama mereka adalah melanjutkan proses rekrutmen PKD (Pengawas Keluraha/Desa) di kecamatan masing masing dimana akan melakukan test wawancara bagi calon PKD,” ujar Brikken.

Sementara Anggota Bawaslu Sulsel Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Syamsuar Saleh, menekankan agar Panwascam terpilih ini betul-betul menunjukkan kinerja terbaik karena dari sekian banyaknya pendaftar calon, yang dilantik hari ini yang dianggap terbaik  dan paling layak untuk melaksanakan tugas.

“Pelantikan ini menandakan kesiapan Bawaslu untuk mengawal dan mengawasi Pilkada Toraja Utara 2024,” kata Syamsuar Saleh.

Baca Juga  Dosen UKI Toraja Mendapatkan Pengakuan Internasional Melalui Joint Research

Syamsuar berharap, kekurangan pada Pemilu 2024 kemarin dapat diperbaiki dalam Pilkada ini dengan sesegera mungkin memetakan indeks kerawanan dalam Pilkada. (*)

Penulis: AP Lino
Editor: Arthur

Komentar