oleh

UKI Toraja Tanam 60 Ribu Bibit Tanaman Buah di 100 Lembang dan Kelurahan

KAREBA-TORAJA, RANTEPAO — Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja melalui Lumbung Diakonia Crisis Center Gereja Toraja menerima bantuan 60.000 pohon tanaman buah dari Luhut Binsar Panjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia).

Ketua 1 BPS Gereja Toraja, Pdt Alfred Anggui mengatakan bantuan ini adalah apresiasi Luhut Binsar Panjaitan terhadap Lumbung Diakonia Crisis Center Gereja Toraja yang disampaikan langsung pada pertemuan Zoom Gereja Toraja, PGI, dan Bapak Luhut Binsar Panjaitan tahun lalu.

60 ribu pohon tanaman yang terdiri atas tanaman Mangga, Manggis, Jeruk Manis, Durian, dan Lengkeng, lalu diserahkan Crisis Center Gereja Toraja kepada Universitas Kristen Indonesia Toraja (UKI Toraja) melalui Fakultas Pertanian untuk program budidaya.

Baca Juga  UKI Toraja Bertanggung Jawab Terhadap Legalitas Ijazah dan Mahasiswa Teknik Sipil serta Elektro

Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) UKI Toraja tahun 2021, 60 ribu pohon tanaman buah ini lalu disalurkan ke 100 Lembang/Kelurahan di 2 Kabupaten (Tana Toraja dan Toraja Utara) yang menjadi Posko KKN mahasiswa UKI Toraja untuk dibudidayakan.

Penyaluran 60 ribu tanaman buah dari Kebun Pembibitan Fakultas Pertanian UKI Toraja ke Posko KKN UKI Toraja dilaksanakan Senin, 2 Agustus 2021.

Penyaluran dihadiri Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, Anggota DPRD Toraja Utara, Ratte Salurante, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Makale Enos Karoma, Ketua 1 BPS Gereja Toraja Alfred Anggui, Rektor UKI Toraja dan jajarannya, Kepala Dinas Pertanian Toraja Utara dan beberapa Kepala Lembang yang menjadi Posko KKN UKI Toraja.

Baca Juga  Karang Taruna Kubu Yosia Rinto Kadang Tidak Akui Kepengurusan Gusti Palumpun

Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong mengapresiasi kolaborasi sangat luar biasa antara Gereja Toraja, UKI Toraja, dan Pemda Toraja Utara melalui Pemerintah Lembang danKelurahan dalam upaya mewujudkan kemandirian pangan melalui budidaya tanaman buah-buahan ini.

Dedy, sapaan akrab Wabup Toraja Utara, berharap Pemerintah Lembang bisa menyambut program ini dengan menyiapkan satu lahan khusus untuk menanam bibit tanaman buah ini agar ke depannya tumbuh dalam satu kawasan agrowisata sehingga bisa melahirkan satu icon destinasi wisata baru di Lembang.

Apresiasi yang luar biasa juga disampaikan Ketua YPTKM, Enos Karoma’ yang menyebut ini adalah awal kolaborasi untuk mengurus umat, sehingga Enos Karoma’ berharap semua pihak jangan ada sekat-sekat dalam menangkap segala bentuk peluang untuk kesejahteraan umat.

Baca Juga  Aklamasi, Yohanis Bassang Terpilih Sebagai Ketua DPD II Golkar Toraja Utara

Sementara itu, Rektor UKI Toraja Dr. Oktavianus Pasoloran, S.E., M.Si., Ak., CA menyampaikan terimakasih karena UKI Toraja telah dipercaya untuk mengurus budidaya 60 ribu tanaman buah ini.

“UKI Toraja adalah bagian dari Lembaga Gereja sehingga UKI Toraja bertanggungjawab untuk mensukseskan program dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan warga Gereja,” katanya.

Oktavianus Pasoloran berjanji 60 ribu tanaman buah ini tidak hanya ditanam tapi juga akan dilakukan pendampingan pemeliharaan hingga tanaman menghasilkan buah. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya