Yusuf Silambi’ dan Nober Rante Siama’ Mendaftar di PSI dan PDI Perjuangan Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Konstalasi politik di Toraja Utara menjelang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Para tokoh yang berkeinginan untuk maju dalam kontestasi Pilkada pun bermunculan. Terkini, politisi PDI Perjuangan, yang juga anggota DPRD Kutai Timur, Kaltim, DR. Yusuf T. Silambi, MM, MBA, memperlihatkan keseriusannya untuk maju bertarung di Pilkada Toraja Utara.

Selain memasang sejumlah alat peraga di beberapa titik di Rantepao dan beberapa tempat lainnya, Yusuf Silambi juga sudah mendaftar secara resmi ke dua partai politik di Toraja Utara, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan PDI Perjuangan.

Saat mendaftar ke dua partai tersebut pada Senin, 15 April 2024, Yusuf Silambi tidak datang sendiri. Dia didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Toraja Utara, Nober Rante Siama’.

Baca Juga  Lindas Lansia Hingga Kritis, Polisi Tahan Operator dan Alat Berat Milik PT Sabar Jaya Pratama

“Tadi, berdua datang (Yusuf dan Nober) didampingi beberapa orang. Mereka bersilaturahmi ke Sekretariat DPD PSI Toraja Utara,” ungkap Ketua DPD PSI Toraja Utara, Anton Paranoan kepada KAREBA TORAJA, Senin, 15 April 2024.

Anton mengatakan, Yusuf dan Nober datang untuk berdiskusi dan bersilaturahmi terkait Pilkada Toraja Utara 2024.

Sebagai partai terbuka, PSI, kata Anton, menerima siapa saja tokoh-tokoh yang mempunyai niat tulus untuk membangun Toraja Utara.

Dia menyebut, PSI tidak membuka pendaftaran atau penjaringan. Namun membuka komunikasi dengan siapa saja. Dari komunikasi itu, kata dia, PSI akan menyampaikan keinginan atau niat orang tersebut ke DPW hingga ke DPP.

“Nanti kalau sudah ada lampu hijau dari DPW, kita akan mengantar Pak Yusuf dan Pak Nober ke DPP bertemu dengan Ketua Umum. Karena yang memutuskan siap yang akan diusung adalah DPP. Tentu saja akan meminta masukan dari kami DPD, karena lebih tahu kondisi daerah,” terang Anton.

Baca Juga  Sejumlah Perwira di Polres Tana Toraja Bergeser, Ini Kasat Samapta dan Kapolsek Simbuang yang Baru

Dikonfirmasi terpisah melalui sambungan telepon, Ketua DPRD Toraja Utara, Nober Rante Siama’ mengakui bahwa dirinya Bersama Yusuf Silambi sudah melakukan silaturahmi ke Sekretariat DPD PSI Toraja Utara.

“Iya tadi dari PSI. Ketemu Ketua DPD dan beberapa pengurus. Ya, kita silaturahmi,” terang Nober.

Saat ditelepon, Nober mengaku sedang berada di Kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan. Tujuannya adalah untuk mendaftarkan diri menjadi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di partai tersebut.

“Sekarang di PDIP. Kesiniki. Kan PDI P sudah membuka pendaftaran. Jadi kami mendaftar,” kata Nober lebih lanjut.

Politisi Partai Nasdem ini mengakui bahwa dirinya Bersama Yusuf Silambi sudah sepakat untuk berpasangan di Pilkada Toraja Utara 2024. “Ya, sudah (sepakat). Makanya sekarang jalan Bersama ke partai-partai,” tutur Nober.

Baca Juga  Balai Latihan Kerja (BLK) Pertama di Toraja Dibuka di UKI Toraja

Ditanya siapa yang menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati, Nober mengatakan dirinya mesti tahu diri. “Kita tahu diri saja. 02 kita,” pungkas Nober.

Untuk diketahui, sesuai hasil Pemilu legislatif tahun 2024, PSI mendapat 2 kursi di DPRD Toraja Utara. Sedangkan PDI Perjuangan 5 kursi. Jika dua partai ini bisa berkoalisi maka cukup untuk mengusung pasangan calon.  (*)

Penulis: AP Lino
Editor: Arthur

Komentar