oleh

Video Grup Band Slank yang Syuting di Toraja Sudah Tayang di Youtube “Budaya Saya”

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Video grup musik papan atas Indonesia, Slank, yang proses syutingnya dilakukan di beberapa objek wisata di Tana Toraja serta Toraja Utara, sudah tayang di chanel Youtube Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan ,Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Menurut pengamatan kareba-toraja.com, video berdurasi 47 menit 27 detik tersebut tayang di akun Youtube “Budaya Saya” sejak Kamis, 25 November 2021 pagi. Hingga Kamis malam, terpantau sudah 603 kali video ini ditonton.

Jika Anda ingin menontonnya, silahkan berkunjung ke laman berikut:

https://www.youtube.com/c/BudayaSaya/videos
https://www.youtube.com/watch?v=V3yfVI1KgRg

Selain video Star Jamming (Dulu x Hari Ini) yang dibintangi oleh grup band Slank, video dari Tana Toraja yang berjudul “Gemulai Senja Pa’gellu’ “, juga sudah tayang di channel Youtube “Budaya Saya” sejak Rabu, 24 November 2021.

Baca Juga  Kado HUT RI ke-76, Taekwondo Tana Toraja Sabet 2 Medali Emas, 2 Perak, dan 6 Perunggu

Kedua video ini memang merupakan bagian dari program utama Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Video Star Jamming: Dulu x Hari Ini (Toraja) yang berlokasi di objek wisata Buntu Burake, Makale, Tana Toraja.

PKN 2021 itu sendiri dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 19 November 2021. PKN 2021 adalah ruang interaksi inklusif bagi semua prakarsa publik dalam memajukan budaya. Event ini adalah sebuah festival dengan misi: mengolah inspirasi cemerlang kearifan lokal untuk menjawab tantangan kekinian. Dihimpun dari rangkaian aksi budaya sejak Juli 2021, PKN akan memuncak pada 19-26 November 2021.

Tiga Lokasi

Video Star Jamming: Dulu x Hari Ini (Toraja) yang melibatkan musisi Slank menampilkan adat istiadat Toraja, kehidupan keseharian masyarakat, musik, rumah adat Tongkonan beserta filosifinya, batu Simbuang di Bori’, objek wisata “Negeri di Atas Awan” Lolai, objek wisata Ollon di Kecamatan Bonggakaradeng, juga objek wisata religi Buntu Burake, Makale.

Baca Juga  Ratusan Karangan Bunga Sambut Theo-Zadrak di Kolam Makale

Video Star Jamming: Dulu x Hari Ini (Toraja) mengambil lokasi syuting di tiga objek wisata Toraja, diantaranya komplek megalit Kalimbuang Bori’, Kecamatan Sesean, Toraja Utara. Berikut objek wisata padang savana Ollon di Kecamatan Bonggakaradeng, Tana Toraja. Terakhir, objek wisata religi Buntu Burake di Kecamatan Makale, Tana Toraja.

Video Star Jamming: Dulu x Hari Ini (Toraja) dengan lokasi objek wisata Ollon, Kecamatan Bonggakaradeng, Tana Toraja.

Empat personil Slank yang melakukan syuting di Toraja, diantaranya Kaka, Bimbim, Ivanka, dan Ridho.

Slank membawakan enam lagu dalam video ini. Latar video yakni komplek megalit Kalimbuang Bori’, objek wisata padang savana Ollon, dan objek wisata religi Buntu Burake.

Syuting video Star Jamming: Dulu x Hari Ini (Toraja) berlangsung selama empat hari, dari tanggal 24-27 Oktober 2021. Selain tiga objek wisata utama itu, ditampilkan pula objek wisata “Negeri di Atas Awan” Lolai dan upacara adat Rambu Solo’

Baca Juga  Wabup Toraja Utara Minta Masyarakat Tidak Takut Divaksin Corona

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tana Toraja, Bonifasius Paundanan, mengaku bangga sekaligus bersyukur karena Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memberikan perhatian terhadap budaya dan pariwisata Toraja.

Kehadiran penyanyi papan atas Indonesia seperti Slank, kata Bonifasius, merupakan bahan promosi yang luar biasa bagi pariwisata Toraja.

“Kita bangga dan bersyukur karena tidak mengeluarkan biaya untuk promosi budaya dan pariwisata, tapi Kementerian memberikan perhatian yang sangat besar dengan mendatangkan penyanyi papan atas Indonesia,” tutur Bonifasius. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur
Foto-foto: Capture Video Star Jamming: Dulu x Hari Ini (Toraja)

Komentar

Berita Lainnya