UKIP Makassar Bantu Aplikasi MIMO untuk RSUD Pongtiku

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Balai Layanan Daerah Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar (UKIP Makassar) menyerahkan bantuan paket pelayanan internet dan aplikasi sistem informasi kepada RSUD Pongtiku, Toraja Utara.

Penyerahan paket bantuan sistem aplikasi MIMO ini dilakukan oleh Prof Apriana Toding kepada Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong di RSUD Pongtiku, Senin, 13 Juni 2022.

Prof. Apriana Toding menyatakan, untuk menunjang pelayanan kesehatan di RSUD Pongtiku, dirinya bersama tim sedang mengembangkan sebuah sistem dan aplikasi MIMO untuk mempermudah akses pelayanan kesehatan berbasis sistem informasi dan internet.

“Tentunya kehadiran inovasi dengan keahlian yang dimiliki melalui sebuah aplikasi ini akan mempermudah pelayanan di RSUD Pongtiku,” kata Prof Apriana.

Baca Juga  Toraja Utara Launching Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Dia berharap, seluruh stakeholder terkait bisa bekerjasama untuk menyukseskan program ini. Karena fasilitas yang akan dihadirkan di RSUD Pongtiku seperti touchscreen (layar sentuh) di front office sehingga pasien yang ingin mendaftarkan diri untuk menerima pelayanan di RSUD Pongtiku bisa diakses secara online melalui aplikasi MIMO.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, mengatakan dengan bantuan ini bisa mendorong inovasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pongtiku.

Dia juga berharap, aplikasi MIMO ini bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Pongtiku.

“Bantuan ini bertujuan mendukung pelayanan kesehatan khususnya di bidang akses pelayanan internet dan akses sistem informasi berbasis program MIMO di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pongtiku,” kata Dedy, sapaan akrab Frederik Victor Palimbong.

Baca Juga  Ingin Pariwisata Toraja Utara Lebih Maju, Diaspora Toraja di Belanda Dukung OmBas-Dedi

Sistem MIMO (Multiple Input Multiple Output) merupakan suatu sistem wireless yang dapat meningkatkan kapasitas kanal dengan menggunakan multi antena di sisi pengirim maupun di penerima. Pada lingkungan multipath dengan fading yang independen antara tiap pasangan antena pemancar dan penerima, sistem MIMO memperoleh peningkatan kapasitas yang signifikan sehingga kinerja sistem menjadi lebih baik dibandingkan dengan sistem konvensional Single Input Single Output (SISO) dimana informasi yang sama dapat dikirim dan diterima dari beberapa antena secara bersamaan. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar