oleh

Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI Kunjungi Komunitas Alukta di Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAPPAK — Direktorat Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia, Tri Handoko Seto mengunjungi Komunis Hindu Alukta di Lembang Miallo, Kecamatan Mappak, Kabupeten Tana Toraja, Selasa, 9 November 2021.

Kehadiran Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto di Lembang Miallo Kecamatan Mappak ini adalah sesuatu yang istimewa bagi komunitas Hindu Alukta yang merupakan kepercayaan tertua di Toraja.

Hindu Aluk Todolo atau sering disebut Alukta adalah sebagian dari kelompok etnis umat Hindu di Indonesia dengan jumlah penganut kurang lebih 5.141 jiwa yang mayoritas terletak di Kabupaten Tana Toraja.

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Bimas Hindu – Budha Nomor Dd/H/200-VII/69 tertanggal 15 November 1969, Aluk Todolo secara resmi digolongkan bagian dari Agama Hindu.

Baca Juga  Ritual Aluk Todolo, Ibadah Syukur, dan Pengajian Digelar Serentak PLTA Malea Bersama Masyarakat

Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto menguatkan umat Hindu Alukta agar percaya diri untuk terus melestarikan dan menggaungkan kekayaan adat dan tradisi.

“Setiap generasi Hindu Alukta adalah duta Hindu Aluk Todolo yang bertugas terus menyebarkan informasi tentang apa itu Hindu Alukta, agar seluruh masyarakat Indonesia paham betul ada sebuah mutiara indah yang terletak di tanah Sulawesi ini,” ucap Tri Handoko.

Dalam sambutanya di hadapan komunitas Hindu Alukta di Lembang Miallo, Tri Handoko Seto berpesan agar tetap menjaga Hindu Nusantara sebab Hindu adalah ajaran nenek moyang.

Penganut Alukta di Toraja merasa seakan tak percaya dengan Kehadiran Dirjen Bimas Hindu RI di kampung halamannya. Tri Handoko Seto tercatat menjadi Dirjen Bimas Hindu pertama yang berkunjung dan menemui langsung umat hindu Alukta di Toraja.

Baca Juga  Ritual Aluk Todolo, Ibadah Syukur, dan Pengajian Digelar Serentak PLTA Malea Bersama Masyarakat

Turut serta dalam Rombongan Dirjen Bimas Hindu ke Kecamatan Mappak, diantaranya Trimo selaku Direktur Urusan Agama Hindu RI, Simon Kendek Paranta Pembimas Hindu Sulsel, Nyoman Ariadi Pembimas Sulbar, Gede Durahman Sekretaris PHDI Sulsel, Wayan Suparka Ketua PHDI Sulbar, Prof. Oka Ketua ICHI Sulsel, Wayan Kantun Sekretaris ICHI Sulsel, Pujawan Ketua Yayasan Sadana Sulsel, Komang Rinten Pengurus BPH Sulsel, Agus Teja Skretaris DPP PERADAH Sulsel, Adrian Namid Ketua DPP PERADAH Sulbar, Gangga Datta ketua PD KMHDI Sulsel, Wendy Ketua Hipmahat Makassar, Dominggus Penyelenggara Hindu Kab. Mamasa, Allo padang Ketua PHDI Tana Toraja, Selle Ketua PHDI Mamasa, Mujayanto wakil Ketua DPK PERADAH Tana Toraja. (*)

Baca Juga  Ritual Aluk Todolo, Ibadah Syukur, dan Pengajian Digelar Serentak PLTA Malea Bersama Masyarakat

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya