oleh

3.400 Vial Vaksin Sinovac untuk Vaksinasi Covid-19 Tiba di Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Sebanyak 3.400 vial vaksin Covid-19 jenis Sinovac dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tiba di Rantepao, Toraja Utara, Kamis, 28 Januari 2021 malam.

Vaksin Sinovac yang akan digunakan untuk vaksinasi Covid-19 itu dibawa menggunakan kendaraan khusus dan diantar oleh Ketua Tim Distribusi Vaksin Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan, Polda Sulsel, dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Provinsi Sulsel.

Sebanyak 3.400 vial vaksin Sinovac ini diterima Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elisabeth Zakaria, dan juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang.

Ketua Tim Distribusi Vaksin Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan, dr. H. Erwan Tri Sulistyo M.Kes, mengatakan 3.400 vial vaksin Covid-19 yang diserahkan itu adalah kuota vaksin untuk prioritas pertama, yakni tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat.

Baca Juga  Ruko Dibongkar, Pedagang di Pertokoan Lama Rantepao Akan Direlokasi ke Pasar Bolu

“Tenaga kesehatan adalah garda terdepan, sementara tokoh masyarakat yang menjadi prioritas dimaksudkan agar dapat memberikan edukasi dan contoh bagi masyarakat umum bahwa Vaksin Covid-19 aman dan halal,” terang dr. Erwan.

Dokter Erwan mengatakan banyak hoax tentang vaksin Covid-19 sehingga tugas kita bersama meyakinkan masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal.

Dia menambahkan, vaksin Covid-19 ini ibarat payung, fungsinya adalah melindungi kita dari hujan. Namun meskipun menggunakan payung kita masih berpotensi terkena air hujan sehingga vaksin ini akan dilakukan 2 kali agar fungsinya lebih maksimal dalam menekan penyebaran Covid-19.

Selain dilakukan sebanyak 2 kali, kualitas vaksin juga menjadi prioritas sehingga pendistribusian vaksin melibatkan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM).

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 di Toraja Utara dan Tana Toraja Dimulai 1 Februari 2021

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengatakan kedatangan Satgas Covid 19 Provinsi Sulawesi Selatan yang membawa vaksin ini merupakan salah satu hal yang di tunggu-tunggu oleh masyarakat Toraja Utara.

“Kehadiran vaksin ini sebagai harapan baru bagi kita dalam upaya memutus mata rantai penularan virus Corona,” ungkap Kalatiku.

Dia mengatakan, vaksinasi Covid-19 di Toraja Utara akan dicanangkan pada tanggal 1 Februari 2021, dimulai dari Forkopimda, kemudian dijadwalkan keseluruh tenaga kesehatan dan tim pemakaman pasien Covid-19. (*)

Penulis: Herson Pasuang/ST
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya