Rumah Terbakar, 4 Warga Meninggal Dunia di Londa, Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, KESU’ — Empat orang warga yang merupakan penghuni sebuah rumah panggung di jalan poros objek wisata Londa, Lembang (Desa) Sangbua, Kecamatan Kesu’, Toraja Utara, Jumat, 5 Agustus 2022 meninggal dunia dalam peristiwan kebakaran yang menghanguskan rumah yang mereka tempati.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 21.30 Wita.

Keempat warga yang meninggal dunia tersebut terdiri dari dua perempuan dewasa, satu anak-anak, dan satu bayi berusia lima bulan. Keempatnya, masing-masing Noviani Nova (33 tahun), Ne’ Sheila (60 tahun), Aprilia Sheila (4 tahun), Aprilia Seril (5 bulan).

Anggota DPRD Toraja Utara, yang juga kerabat dari para korban, Stepanus Mangatta, yang mengatakan keempatnya tidak dapat menyelamatkan diri karena kebakaran tersebut berlangsung sangat cepat.

Baca Juga  Pemkab Dukung Pelaksanaan Hari Tari Sedunia yang untuk Pertama Kalinya Dilaksanakan Secara Akbar di Toraja Utara

“Rumah panggung, cukup tinggi. Kebakarannya sangat cepat, sehingga mereka tidak dapat menyelamatkan diri,” tutur Stepanus, yang dikonfirmasi kareba-toraja.com, Sabtu, 6 Agustus 2022 pagi.

Stepanus menjelaskan, berdasarkan informasi di tempat kejadian, api berawal dari dapur, tempat memasak sayur babi.

Para korban, kata Stepanus, sempat berteriak minta tolong, namun karena kobaran api yang begitu besar dan cepat sehingga warga sekitar tak bisa menggapai mereka.

Stepanus menyebut, para korban merupakan satu keluarga. Saat kebakaran terjadi, suami atau kepala keluarga di rumah itu, Yonatan atau Papa Sheila, sementara bekerja membawa bus dari Toraja menuju ke Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Yang menjadi korban itu, istri, mertua, dan dua anaknya. Istrinya itu berasal dari Sillanan, Tana Toraja,” jelas Stepanus.

Baca Juga  Tindaklanjuti UU Cipta Kerja, Pemkab Toraja Utara Ajukan Ranperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung

Enam unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Toraja Utara diterjunkan ke lokasi beberapa saat setelah kebakaran terjadi. Namun, bangunan rumah yang berbahan kayu tersebut tidak bisa diselamatnya.

Petugas pemadam kebakaran, kepolisian Sektor Sanggalangi, dan BPBD Toraja Utara mengevakuasi keempat jenazah ke RSUD Pongtiku untuk proses identifikasi. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar