Komunitas Anak Punk di Makale Bersihkan Sampah di Pasar Makale dan Obwis Pango-pango

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Dalam memeriahkan ulang tahun ke-17, Komunitas Punk Makale, yang dikenal dengan nama “ANV” (Active Non Violence) menggelar aksi bersih dan pagelaran musik underground.

Aksi bersih dilaksanakan pada Jumat, 23 Juni 2023 di Kompleks Pasar Sentral Makale dan Sabtu, 24 Juni di Objek Wisata Pango-pango, Kecamatan Makale Selatan.

Sedangkan Pagelaran Musik Underground akan digelar tanggal 02 Juli 2023 di Gedung Tammuan Mali’ Makale.

ANV adalah salah satu kelompok pemuda dari Komunitas Punk yang memiliki hobi dan minat yang sama dalam hal bermusik, yang berasal dari berbagai latar belakang profesi dan beralamat di kelurahan Tondon Mamullu, Kota Makale, Tana Toraja.

Baca Juga  Warga Tana Toraja Diminta Mengibarkan Bendera Merah Putih dan Umbul-umbul Selama Agustus

Komunitas ini terbentuk pada Tanggal 29 Juni 2007 oleh beberapa Pemuda dari berbagai kalangan, Pelajar dan Mahasiswa yang Anti Terhadap Berbagai bentuk Kekerasan dan mempunyai semangat bermusik yang sama kemudian terus berkembang sampai saat ini menjadi Sebuah komunitas Punk yang akrab dikenal dengan nama “ANV” yang menjunjung tinggi pertemanan (network of friends), Anti Kekerasan dan memegang teguh paham D.I.Y (do it yourself).

“Dalam rangka memperingati hari jadi ANV (Active Non Violence) yang Ke-17 Tahun, panitia pelaksana mengadakan kegiatan Bakti Sosial dan Pagelaran Musik Underground dengan Tema “DO IT YOURSELF” yang berarti “Lakukan sendiri”,” tutur Reynald A. Simanjuntak, Ketua Panitia.

Lebih lanjut, Reynald mengatakan Bakti Sosial dilaksanakan di kedua lokasi diatas karena dianggap merupakan tempat yang mewakili atau menggambarkan wajah keadaan lingkungan di Kabupaten Tana Toraja.

Baca Juga  Uji Coba Mesin Pembangkit PLTA Malea Penyebab Getaran dan Dentuman yang Dirasakan Masyarakat Makale Selatan

“Pango-pango merupakan pintu gerbang pariwisata di Tana Toraja dan Pasar Makale merupakan pusat niaga dan pariwisata sehingga sangat penting menjaga kebersihat kedua tempat tersebut,” urai Reynald.

Reynald mengatakan kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang mempererat tali silaturrahmi Keluarga Besar Pemuda Active Non Violence pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang menanamkan kesadaran kepada seluruh peserta kegiatan dan masyarakat bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggungjawab bersama.

Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Tana Toraja, TNI/Polri, Mahasiswa Pencinta Alam UKI Toraja dan masyarakat.

Dalam aksi sosial komunitas Anak Punk di Makale ini berhasil terkumpul puluhan karung sampah baik sampah yang ada di dalam area pasar, di selokan pasar dan di sekitar objek wisata Pango-pango. (*)

Baca Juga  Semua Masyarakat Tana Toraja Sudah Bisa Mengakses Layanan Kesehatan Gratis

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar