oleh

PKKMB Universitas Atma Jaya Makassar; Membentuk Mahasiswa Tangguh dan Unggul Tanpa Narkoba dan Anti Kekerasan Seksual

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Universitas Atma Jaya Makassar menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan  Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2022/2023.

PKKMB yang dilaksanakan secara tatap muka langsung (luring) tersebut berlangsung dari tanggal 21-23 September 2022  di Kampus Universitas Atma Jaya, Jalan Tanjung Alang No. 23 Makassar.

Mengawali perkuliahan semester awal 2022/2023, pada tanggal 26 September telah dilaksanakan Misa Syukur yang dipimpin oleh Pastor John Galla’, Pr.

Setelah perayaan Misa Syukur, acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel, Brigjen Pol. Drs. Ghiri Prawijaya, M.Th. dengan Topik: Mahasiswa Tangguh dan Unggul Tanpa Narkoba.

Menurut Kepala BNN Provinsi Sulsel, pengetahuan secara dini tentang bahaya narkotika dan cara pencegahannya penting diketahui semua lapisan masyarakat, khususnya mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan.

Baca Juga  Dua Kurir Narkoba Ditangkap di Toraja, 625 Gram Sabu-sabu Disita

Setelah Kuliah umum acara dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Rektor Universitas Atma Jaya Makassar  Dr. Wihalminus Sombo Layuk, S.E.,M.Si dengan Kepala BNN Provinsi Sulsel  Brigjen Pol. Drs. Ghiri Prawijaya, M.Th.

Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ir. Yuada Rumengan, MT,  rangkaian acara PKKMB ini mengacu pada topik materi  dari Panduan PKKMB 2022 oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Dikti, Riset, dan Teknologi.

Beberapa dosen yang memberikan materi pada PPKM, antara lain Andreas Lumme, S.H.,M.Hum dengan materi : Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran bela Negara, Hendrikus Kadang, S.E.,M.Si, Ph.D. dengan materi : Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi dan Kebijakan MBKM, Ir. N. Tri S. Saptadi, S.Kom.,M.T.,M.M.,IPM dengan materi : Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0,  Dr.Ir. Richard Frans, S.T.,M.T dan  Abner Tahendrika, S.E., M.M. dengan materi : Kesadaran Lingkungan Hidup, Manajemen Risiko dan Kampus Sehat.

Baca Juga  Berpotensi Besar Jadi Objek Wisata Populer, Mahasisiwa KKN Atma Jaya Harap “Hutan Lumut” di Toraja Utara Dilestarikan

Mahasiswa Baru Angkatan 2022/2023  juga diberikan pemahaman tentang  Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi, berdasarkan Permendikbud-ristek No. 30 tahun 2021 yang dibawakan oleh Ir. Yuada Rumengan, M.T.

“Komitmen Pimpinan Universitas Atma Jaya Makassar untuk terus menjadikan kampus sebagai tempat yang aman bagi seluruh stakeholder, khususnya bagi mahasiswa merupakan suatu prioritas, bahkan untuk mahasiswa baru diberikan jaminan perlindungan melalui asuransi mahasiswa,” terang Ir. Yuada Rumengan, MT. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar