Siswa SD dari Toraja Utara Raih Juara I Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2023

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Gimel Gratcia, siswa SD Kristen Rantepao 5 Toraja Utara meraih medali emas Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2023, yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tektonologi Republik Indonesia.

Gimel Gratcia meraih medali emas pada kategori Menyanyi Solo tingkat SD.

Pengumuman pemenang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2023 di Jakarta dan disiarkan secara langsung oleh kanal Youtube Pusat Prestasi Nasional.

Toraja boleh dikata merajai kategori menyanyi solo ini. Karena peraih medali perak pada kategori ini, juga merupakan putra Toraja, meski lahir dan mewakili Provinsi Bali. Peraih medali perak pada kategori ini adalah dan I Gede Alvaro Benbarzilai Sambo, siswa SD Kalam Kudus, Kabupaten Badung, Bali. Ayah dari I Gede Alvaro Benbarzilai Sambo adalah Yohanis yang berasal dari Toraja sedangkan ibunya dari Bali.

Baca Juga  Dosen UKI Toraja Mendapatkan Pengakuan Internasional Melalui Joint Research

Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N ) selalu diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudrestek setiap tahun. Ajang tersebut selalu diikuti oleh siswa siswi terbaik sesuai potensi dan bakat prestasinnya.

Gimel Gratcia dan I Gede Alvaro Benbarzilai Sambo, dua putra Toraja peraih medali emas dan medali perak FLS2N 2023. (Foto: dok. istimewah).

Pasca pandemi Covid 19, ajang tersebut kembali digelar secara during di Jakarta dari tanggal 14-19 Agustus 2023. Ajang ini diikuti oleh 10 orang finalis terbaik yang sudah melalui proses dari daerah-daerah setiap provinsi. Para finalis ini sudah diseleksi secara ketat dari tingkak kecamatan, kabupaten, dan provinsi. Dari seleksi tersebut terpilihlah 10 orang finalis lolos mewakili provinsinya ke tingkat nasional.

Baca Juga  Atlet Karate Polres Tana Toraja Raih 5 Emas dan 3 Perak pada Kejurda Inkanas Kapolda Cup 2023

Gimel Gratcia yang berhasil keluar sebagai juara I adalah siswa SD Kristen 5 Rantepao, Kabupaten Toraja Utara mewakili Povinsi Sulawesi Selatan. Sedangkan I Gede Alvaro Benbarzilai Sambo sebagai juara II merupakan siswa SD Kalam Kudus Kabupaten Badung, mewakili Provinsi Bali.

“Tentu kita sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak-anak kita, terutama dari Toraja,” tutur Yohanis, kepada KAREBA TORAJA, Minggu, 20 Agustus 2023.

Sementara itu, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Asep Sukmayadi mengatakan, FLS2N 2023 dengan tema Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi ini merupakan implementasi kebijakan manajemen talenta nasional di bidang seni budaya, sekaligus implementasi merdeka belajar dan pendidikan karakter.

“FLS2N merupakan sarana untuk memindai potensi talenta masa depan di bidang seni budaya sekaligus sarana belajar menggali potensi diri siswa dan mengujinya hingga meraih prestasi,” terang Asep, di sela-sela penyelenggaraan FLS2N 2023 di Hotel Swiss-Belhotel Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Baca Juga  Distribusi Logistik Pemilu di Tana Toraja Akan Dikawal Ketat
Gimel Gratcia menerima piagam dan apresiasi pemenang pertama FLS2N 2023. (Foto: dok. istimewah).

“Kita meyakini bahwa setiap anak itu unik sehingga mereka harus diberi kemerdekaan untuk dapat mengaktualisasikan potensi dan bakatnya secara sistematis hingga meraih prestasi dan menjadi inspirasi,” tambahnya

Asep berharap, FLS2N juga dapat menjadi sarana untuk memupuk semangat kebangsaan di antara siswa dari seluruh Indonesia dan sarana saling mengapresiasi khasanah bakat dan keunggulan talenta yang berbasis budaya bangsa yang adiluhung dan unik.

“Mereka kelak akan menjadi talenta-talenta masa depan industri kreatif Indonesia dan menjadi para pemimpin di bidangnya,” ungkapnya. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar