Atlet dari Berbagai Daerah Mulai Berdatangan untuk Mengikuti Kejurnas Taekwondo Passemba Toraya Mala’bi’

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Meski gelaran kejuaraan nasional Taekwondo bertajuk Passemba Toraya Mala’bi’ atau PTMC, baru akan digelar sepekan lagi, namun sejumlah atlet dari berbagai daerah mulai berdatangan.

Hingga Senin, 5 Desember 2022, menurut data panitia, sudah 573 atlet Tekwondo yang terkonfirmasi hadir mengikuti kejuaraan berskala nasional tersebut.

Kejuaraan nasional Taekwondo grade B bertajuk Passemba Toraya Mala’bi’ atau PTMC akan digelar di Makale, Tana Toraja, 10-13 Desember 2022 mendatang.

Para atlet yang terkonfirmasi hadir berasal dari enam provinsi di Indonesia, yakni Papua, Ambon, Sulawesi Tengah, DKI Jakarta, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.

“Peserta yang sudah mendaftar sebanyak 573. Jumlah ini masih akan bertambah karena pendaftaran kita tutup tanggal 8 Desember. Besok (hari ini) kontingen sudah ada yang tiba,” ungkap Ketua Harian Panitia PMTC, Indera Batara usai rapat pematangan kegiatan, Minggu, 4 Desember 2022.

Baca Juga  Perantau Toraja yang Ditembak KKB di Ilaga, Papua, Meninggal Dunia

Kejurnas Taekwondo PTMC masuk kalender Lovely December 2022 ini dikomandani oleh Legislator Golkar Sulsel, Jhon Rende Mangontan.

Dikatakan Indra, para atlet mulai berdatangan ke Makale, Tana Toraja, sejak Minggu, 4 Desember 2022. “Kita sambut mereka di Kolam Makale dan diantara ke penginapan masing-masing,” kata Indra.

Para atlet akan bertanding dan memperebutkan gelar juara di venue gedung Tammuan Mali’ Makale. PTMC mempertandingkan sebanyak 4 kelas senior dan junior.

Ketua Panitia Kejurnas Taekwondo PTMC 2022, Jhon Rende Mangontan mengatakan seluruh panitia telah siap menyelenggarakan event olahraga tersebut.

Menurutnya, meski PTMC merupakan event olahraga, namun akan dikemas dengan kearifan lokal. Acara pembukaan, lanjut dia akan menampilkan berbagai atraksi seni budaya Toraja.

Baca Juga  8 Calon Imam Katolik Keuskupan Agung Makassar Terima Jubah di Sangalla’, Tana Toraja

“Tentu ini adalah momentum mempromosikan budaya kita kepada mereka (atlet) biar mereka tahu Toraja ini unik dan kaya akan budaya,” ujar JRM, sapaan akrabnya.

Ia menekankan kejurnas Taekwondo PTMC merupakan salah satu upaya membangkitkan sektor pariwisata Toraja pasca pandemi Covid-19.

Ketua Bappera Sulsel itu berharap event yang digelar ini membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

“Dan lewat kejurnas ini semoga mampu menghasilkan bibit atlet Toraja yang nanti bisa berlaga ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Wakil Ketua Komisi D itu.

Kejurnas PMTC akan diawali dengan lomba run 8K.

Diketahui, ratusan pelari dari beberapa kabupaten di Sulsel hingga dari DKI Jakarta akan turut meramaikan.

Baca Juga  Diisukan Muat Babi Sakit, Yulius: Hanya Satu yang Mati, Lainnya Sehat

Run 8K yang juga digelar oleh komunitas Passemba Toraya Run menyediakan hadiah utama sepeda serta puluhan hadiah menarik lainnya. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar