UKI Toraja Jalin Kemitraan dengan Universitas Nasional Seoul, Korsel

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Universitas Kristen Indonesia Toraja menjalin kemitraan dan kerjasama dengan Universitas Nasional Seoul, Republik Korea.

Universitas Nasional Seoul adalah perguruan tinggi peringkat pertama di Korea Selatan.

Kerjasama yang dilakukan oleh dua perguruan tinggi tersebut adalah dalam bidang penelitian dan kegiatan akademik lainnya, baik untuk dosen maupun mahasiswa.

Implementasi pertama dari kerjasama ini adalah salah satu Dosen UKI Toraja atas nama Judith Ratu Tandi Arrang diundang sebagai Dosen Tamu (Guest Lecturer) di Jurusan Antropologi, Seoul National University. Judith Ratu Tandi Arrang memberikan kuliah kepada mahasiswa S2 dan S3 dengan tema “Introducing the Toraja Culture”. Dia memperkenalkan Toraja dan budaya Toraja secara umum, dimana mahasiswa Antropologi juga belajar tentang budaya dan bahasa.

Baca Juga  FOTO: Keluarga Besar "Denpiku" di Jayawijaya, Papua Rayakan Natal

Kedua, adalah mempromosikan BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan beasiswa belajar Bahasa Indonesia dan Bahasa Toraja kepada mahasiswa asing yang akomodasinya akan dibantu oleh UKI Toraja, serta beasiswa penuh yang diberikan Kemdikbud yaitu belajar selama 10 bulan di Toraja.

Tindak lanjut kerjasama yang lain adalah salah satu mahasiswa S2 Antropologi, SNU, Namju Choi akan melaksanakan magang dan pengambilan data penelitian di UKI Toraja.

Rektor UKI Toraja, Prof. Dr. Oktavianus Pasoloran, S.E., M.Si., Ak.CA, mengatakan latar belakang kerjasama ini adalah perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja  dalam bentuk 8 IKU (Indikator Kinerja Utama) Perguruan Tinggi. Salah satu dari 8 IKU itu, yakni IKU 6 yang terkait dengan Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia: mengukur kerjasama program studi dengan mitra internasional.

Baca Juga  Wujud Toleransi, Remaja Masjid, PPGT, PKM Kibaid Gotong-Royong Bangun Masjid

“Sehingga UKI Toraja berinisiatif untuk bermitra dengan Universitas Nasional Seoul, Republik Korea (PT Peringkat 1) di Korea Selatan,” ungkap Prof Oktavianus, Jumat, 31 Mei 2024.

Implementasi dari kerjasama ini, diantaranya Dosen Tamu, PKM internasional, magang mahasiswa, dan kolaborasi penelitian pertama  akan  dilaksanakan dengan dosen PBI  UKI Toraja dengan dosen Antropologi SNU. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar