oleh

Begini Hasil [Sebagian] Pemilihan Kepala Lembang di Toraja Utara

Lembang (Desa) di Kabupaten Toraja Utara menyelenggarakan Pemilihan Kepala Lembang (Pilkalem). Pilkalem ini dilaksanakan serentak.

Secara umum, proses pemungutan suara berlangsung aman. Hanya satu Lembang yang ditunda pelaksanaannya, yakni Lembang Palangi, Kecamatan Balusu. Penundaan disebabkan karena kendala teknis.

Berikut, hasil Pilkalem yang dirangkum Tim Kareba Toraja. Dari Lembang Sa’dan Tiroallo, Kecamatan Sa’dan, ada 4 kandidat yang bertarung, yakni 1. Bitti, 2. Aris Mampa, SE, 3. Yohanis Batti’, dan 4. Lukas Patulak. Kandidat no urut 4 atas nama Lukas Patulak, memenangkan pemilihan kepala lembang ini dengan hasil akhir pemungutan suara sebanyak 372 suara.

Dari Lembang Benteng Batu, Kecamatan Baruppu, ada tiga Kepala Lembang yang berkompetisi, diantaranya Asmen, Markus Palimbong, ST, dan Erik Dani. Hasil Pemilihan, Asmen dengan nomor urut 1 perolehan suara 361, Markus palimbong., ST, dengan nomor urut 2 dengan perolehan suara 1, dan Erik Dani dengan nomor urut 3 perolehan suara 293. Suara sah 656, tidak sah 1 dan jumlah kertas suara yang tidak di coblos 140 dari jumlah DPT wajib pilih 797. Dengan demikian Asmen memengkan kontestasi Pilkalem Benteng Batu.

Baca Juga  Sudah 46 Kasus, 2 Meninggal karena DBD, Pemkab Toraja Utara Intensifkan Fogging

Dari Lembang Lempo Poton, Kecamatan Rindingallo, ada tiga kandidat yang bersaing, yakni Paulus Kondorura, Semuel Limbongan, dan Yohanis Lapu. Hasil pemilihan, Yohanis Lapu berhasil meraih suara terbanyak dengan total suara yang didapat sebanyak 255.

Dari Lembang Sesean Suloara, Kecamatan Sesean Suloara, ada empat kandidat yang bertarung, termasuk incumbent Agus Sedan. Tiga kandidat lainnya, masing-masing Abraham Dongga Toding, Kartini Toding, dan Saldiana Tandi Sesean. Hasil pemilihan, kandidat nomor urut 2, Kartini Toding keluar sebagai pemenang, dengan total perolehan suara 445. Sementara incumbent Agus Sedan hanya mengumpulkan suara sebanyak 410.

Masih dari Kecamatan Sesean Suloara’, yakni Pilkalem Landorundun, yang diikuti 4 kandidat. Hasil akhir pemilihan, kandidat nomor urut 1, Janwandi Kala’tiku keluar sebagai pemenang dengan total perolehan suara 117.

Baca Juga  Beredar Surat Gubernur Hentikan Rencana Pembongkaran Pertokoan Lama Rantepao, Pemkab: Resminya Belum Kami Terima

Dari Lembang Nonongan, Kecamatan Sopai, incumbent Ibrahim Lapu’ masih terlalu tangguh untuk empat kandidat penantangnya. Ibrahim kembali terpilih dengan perolehan suara sebanyak 645. Di urutan kedua ada Yulius Rirang dengan 518 suara, dan Zet Sapan di urutan ketiga dengan perolehan suara 358.

Seorang anak muda, Yosis Tandi Pati, ST, keluar sebagai pemenang Pilkalem Sapan Kua-Kua Kecamatan Buntao. Dia mengumpulkan suara sebanyak 850, unggul jauh atas dua kandidat lainnya, Yohanis dan Boy Rantetandung.

Dari Lembang Karre Penanian, dilaporkan ada dua calon yang bertarung, yakni Yohanis Duapadang dan petahana Yakob Tangkelobo’. Hasil akhir pemilihan, Yakob kembali terpilih menahkodai Lembang Karre Penanian. (*)

Baca Juga  7 Lumbung dan 1 Rumah Warga di Buntu Pepasan Rusak Diterjang Angin

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya