oleh

UKI Toraja Gelar Wisuda Sarjana dengan Protokol Kesehatan Covid-19 yang Ketat

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Universitas Kristen Indonesia Toraja dalam rangka Wisuda Sarjana Strata 1 (S1) Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 digelar di Aula Kampus 1 UKI Toraja, Jumat dan Sabtu, 26 – 27 Maret 2021.

Sebanyak 494 Mahasiswa dari 5 Fakultas dan 11 program studi menjadi peserta wisuda UKI Toraja Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 dengan rincian sebagai berikut:

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 157 wisudawan, terdiri dari Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 24 wisudawan, Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 80 wisudawan, Pendidikan Matematika 24 Wisudawan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar 24 wisudawan, Pendidik Fisika sebanyak 5 wisudawan.
  2. Fakultas Teknik sebanyak 162 wisudawan, terdiri dari Program Studi Teknik Mesin sebanyak 67 wisudawan, Teknik Sipil sebanyak 86 wisudawan, dan Teknik Informatika 9 wisudawan.
  3. Fakultas Pertanian sebanyak 10 wisudawan, keseluruhan wisudawan adalah lulusan Program Studi Agroteknologi.
  4. Fakultas Ekonomi sebanyak 147 wisudawan, yang seluruhnya adalah lulusan Program Studi Manajemen.
  5. Fakultas Teologi sebanyak 18 wisudawan yang seluruhnya adalah lulusan Program Studi Teologi.

Dari 494 wisudawan, sebanyak 11 Mahasiswa merupakan lulusan terbaik yang diumumkan dalam 2 sesi Wisuda dan menerima penghargaan dari Rektor UKI Toraja.

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Universitas Kristen Indonesia Toraja dalam rangka Wisuda Sarjana Strata 1 (S1) Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 digelar di Aula Kampus 1 UKI Toraja, Jumat dan Sabtu, 26 – 27 Maret 2021.

Pada hari pertama wisuda diumumkan wisudawan terbaik, masing-masing Yulius Fernando Sikit (IPK, 3,93) Program studi Pendidikan Fisika, Yamsi Bamba (IPK 3.86) dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Oktavianus (IPK 3,51) dari program studi Teknik Mesin, Vivi Widayanti Basongan (IPK 3,72) dari program studi Teknik Sipil, dan Robertus (IPK 3,97) dari program studi Teknik Informatika.

Baca Juga  UKI Toraja Raih Penghargaan LLDIKTI Wilayah IX Award 2020

Pada hari kedua, diumumkan 6 lulusan terbaik, masing-masing Berni Bunga (IPK 3, 96) program studi Agroteknologi sekaligus menjadi lulusan terbaik Universitas Kristen Indonesia Toraja Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021, Fidelia Bunga Palipangan (IPK 3,86) dari program studi Pendidikan Matematika, Apriani Ambun Kala’tiku (IPK 3,82) program studi Manajemen, Jeremi Tombi Layuk Tulak (IPK 3,79) dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Rismon Patiung (IPK 3,59)dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Septin Ruru (IPK 3,49) dari program studi Teologi.

Wisuda Sarjana Strata 1 (S1) Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 UKI Toraja digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dengan pengawasan langsung dari jajaran Kepolisian Polres Tana Toraja.

Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen Makale (YPTKM), Enos Karoma beserta pengurus lainnya menghadiri acara wisuda mahasiswa UKI Toraja semester ganjil tahun akademik 2020/2021.

Rektor UKI Toraja, Dr. Oktavianus Pasoloran, S.E., M.Si., Ak., CA dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam rangka pengembangan dan pengelolaan manajemen Perguruan Tinggi, UKI Toraja terus menerus melakukan penyesuaian melalui steregi pengembangan institusi.

Salah satu tantangan hari ini, kata Dr. Oktavianus Pasoloran, adalah bagaimana meningkatkan penjaminan mutu internal melalui penguatan Lembaga dan penjamin mutu eksternal melalui proses akreditasi.

Dr. Oktavianus Pasoloran juga menyampaikan kesiapan dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0, dimana salah satunya adalah UKI Toraja sedang berusaha mengembangkan sistem informasi akademik yang teritegrasi.

Baca Juga  Pandemi Covid-19 Picu Peningkatan Angka Kasus Bunuh Diri

“Tuntutan saat ini yang sangat penting diimplementasikan adalah program merdeka belajar Kampus Merdeka dimana program ini sangat mendukung dalam rangka meningkatkan kerjasama dengan kampus lain, dunia kerja dan industri, Pemerintah daerah dan seluruh stakeholder,” terang Dr. Oktavianus Pasoloran.

Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg beserta beberapa tamu undangan lainnya menghadiri acara wisuda mahasiswa UKI Toraja semester ganjil tahun akademik 2020/2021.

Dikatakan, Dr. Oktavianus, tahun 2021 ini, UKI Toraja akan kembali membuka Program Studi baru, yakni Akuntansi, Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Industri, Sistem Informasi, dan program Pascasarjana Magister Pendidikan dan Magister Teologi.

Sementara itu, Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeg dalam sambutannya pada acara Wisuda UKI Toraja menyampaikan terkait suasana Wisuda yang biasanya ramai kini harus dilaksanakan serba terbatas akibat Pandemi Covid-19.

Wakil Bupati Tana Toraja mengajak seluruh hadirin untuk bersama-sama memahami bahwa penanggulangan Covid-19 menjadi tanggungjawab semua pihak.

Rektor UKI Toraja, Dr. Oktavianus Pasoloran, S.E., M.Si., Ak., CA memindahkan tali toga dari kiri ke kanan kepada seorang wisudawan.

Kepada para wisudawan, dr. Zadrak Tombeg menitip pesan bahwa Wisuda adalah tahap awal memulai perjuangan yang sebenarnya.

“Setelah wisuda ini yang akan menjadi dosen penilai adalah masyarakat, apa yang kamu bawa ke masyarakat itulah yang akan dinilai, diluar sana juga ada sekian banyak alumni berebut kesempatan untuk bekerja dan berinovasi, sehingga setelah wisuda jangan berhenti belajar tapi terus berinovasi menciptakan pekerjaan untuk diri sendiri dan orang lain,” pesan dr. Zadrak.

Baca Juga  Lembaga Anti Korupsi Indonesia Kini Hadir di Toraja

Zadrak Tombeg menutup sambutan dengan mengajak semua masyarakat Toraja meninggalkan hiruk-pikuk Pilkada dan bersama sama membangun Tana Toraja ke depan.

Seorang wisudawati UKI Toraja menerima ijazah usai diwisuda.

Sedangkan Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Makale (YPTKM), Enos Karoma menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berfikir dan bekerja memelihara UKI Toraja sehingga tetap tumbuh sehat dan dewasa sehingga banyak diminati seperti saat sekarang ini.

“UKI Toraja harus bergerak cepat dalam segala aspek dan kiranya tetap dalam suasana kebersamaan untuk melaksanakan tugas pelayanan yang mulia ini. Yayasan akan mendukung tidak setengah – setengah tapi akan mendukung sepenuhnya dalam segala aspek,” tegas Enos Karoma.

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Tana Toraja ini juga menyampaikan terimakasih kepada orangtua para wisudawan yang senantiasa berdoa dan terus mendorong anak didik untuk maju hingga bisa menyelesaikan pendidikan.

Sementara Pdt Yahya selaku Ketua II BPS Gereja Toraja atas nama BPS menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada UKI Toraja yang telah berhasil menyelenggarakan proses belajar yang baik sehingga ada wisuda hari ini.

Prosesi wisuda mahasiswa UKI Toraja semester ganjil tahun akademik 2020/2021 hari kedua.

“Selamat kepada orang tua, keluarga dan para wisudawan karena Wisuda hari ini adalah jawaban atas doa dan pengharapan bertahun tahun dari kita semua,” ungkap Pdt Yahya.

BPS Gereja Toraja, lanjut Pdt Yahya, juga berkomitmen akan terus hadir untuk mendorong dan mendukung UKI Toraja dalam segala aspek.

Pdt Yahya berpesan kepada par wisudawan untuk menguasai teknologi agar bisa bersaing dunia kerja, kreatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, jangan hanya berfikir jadi ASN dan jangan jadi Sarjana yang menjadi beban tapi menjadi solusi bagi keluarga dan masyarakat.

Beberapa wisudawan terbaik berfoto bersama orang tuanya.

“Pandangan masyarakat terhadap UKI Toraja tergantung alumni menempatkan diri di tengah masyarakat,” pesan Pdt Yahya.

Sebagai sambutan penutup dari Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi Selatan, Drs Andi Lukman, M.Si menyampaikan bahwa Wisuda UKI Toraja ini adalah bukti bahwa kampus tidak berhenti melakukan proses belajar mengajar meski ditengah Pandemi Covid-19.

Andi Lukman meminta UKI Toraja dan seluruh jajaran terkait untuk terus berkomitmen dan melakukan langkah-langkah strategis demi kemajuan UKI Toraja. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya