Tim PKM UKI Toraja Sosialisasikan Pembuatan Media Papan Ultrasi di Malimbong Balepe’

KAREBA-TORAJA.COM, MALIMBONG BALEPE’ — Tim dari Universitas Kristen Indonesia Toraja (UKI Toraja) yang beranggotakan 6 orang menggelar sosialisasi dan pelatihan pembuatan media papan “Ultrasi” (ular tangga numerasi) di UPT SDN 4 Malimbong Balepe’, Kabupaten Tana Toraja.

Sosialisasi dan pelatihan “Ultrasi” itu merupakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dari FKIP UKI Toraja.

Pelatihan dan sosialisasi tersebut dilaksanakan sejak 28 November 2023 hingga 13 Desember 2023.

Tim PKM UKI Toraja ini dipimpin oleh Irene Hendrika Ramopoly, S.Psi., M.Psi, dengan anggota Dr. Charlie Baka, M.Pd, Hasni S.Pd., M.Pd, Selpi Inang Kutu, Vivian Veronika, Resti Massila, dan Melni.

Ketua Tim PKM UKI Toraja, Irene Hendrika Ramopoly, S.Psi., M.Psi  menjelaskan kemampuan numerasi ialah kemampuan yang menerapkan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung.

Baca Juga  Tindaklanjuti UU Cipta Kerja, Pemkab Toraja Utara Ajukan Ranperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung

“Realita yang ada di lapangan, diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang paling dominan tidak disukai dan ditakuti oleh siswa kelas 2 UPT SDN 4 Malimbong Balepe’,” tutur Irene.

Hal ini, kata dia, disebabkan karena materinya yang sulit, sehingga membuat siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam belajar.

“Hal lain yang memperparah kondisi tersebut adalah guru kurang menfasilitasi siswa dalam penggunaan media pembelajaran, dimana guru lebih dominan menjelaskan di papan tulis, kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakan soal latihan dari materi yang sudah dijelaskan,” urainya.

Dikatakan, media pembelajaran menjadi salah satu bentuk pendekatan pembelajaran, yaitu belajar sambil bermain. Media pembelajaran bermanfaat untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa, sehingga siswa mampu menganalisis dan memahami materi pelajaran dengan mudah dan baik dalam kondisi yang menyenangkan.

Baca Juga  Bangun Olahraga Prestasi, UKI Toraja Teken MoU dengan KONI Toraja Utara

“Berdasarkan permasalahan tersebut, maka kami tim PKM memberikan solusi melalui metode kegiatan pelatihan yang berjudul “Sosialisasi Pembuatan Media Papan Ultrasi (Ular Tangga Numerasi) Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 2 UPT SDN 4 Malimbong Balepe’” terang Irene.

Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa, sehingga mereka lebih mudah dalam memahami materi pelajaran numerasi.

Sedangkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar guru lebih aktif, terampil, dan mandiri dalam membuat Media Papan Ultrasi. Kemudian, guru dapat menfasilitasi siswa dan mengkolaborasikan penggunaan Media Papan Ultrasi dalam proses pengajaran di kelas. Dan terakhir adalah guru mampu meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 2 UPT SDN 4 Malimbong Balepe’. (*)

Baca Juga  Dua Warga Sipil Asal Toraja Dibunuh di Yahukimo, Jenazah Akan Dipulangkan ke Kampung Halaman

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar