oleh

Tiba di Kurra, Jenazah Mantan Bupati Toraja Utara, FBS, Langsung Dimakamkan dengan Protokol Covid-19

KAREBA-TORAJA.COM, KURRA — Jenazah Mantan Bupati Toraja Utara, periode 2011-2016, Frederik Batti Sorring, dimakamkan dengan protokol Covid-19 di area pemakaman keluarga, Lembang (Desa) Lipungan Tanete, Kecamatan Kurra, Kabupaten Tana Toraja, Selasa, 22 Desember 2020 pagi.

Sebelumnya, jenazah FBS, begitu Frederik Batti Sorring biasa disapa, dijemput oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Toraja Utara di RS Grestelina Makassar, pada Senin, 21 Desember 2020.

Jenazah mantan Wakil Bupati Asmat, periode 2005-2010, tiba di kediaman pribadinya di Kurra, Tana Toraja, sekitar pukul 08.00 Wita. Beberapa saat setelah tiba, jenazah langsung dimakamkan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Toraja Utara dan aparat kepolisian.

“Beliau dimakamkan di sampaing patane (makam) milik orang tuanya di Lipungan Tanete,” ungkap Camat Kurra, Pery Sanggalangi, yang hadir di rumah duka sesaat setelah jenazah tiba.

Baca Juga  1.855 Tenaga Medis di Tana Toraja Siap Disuntik Vaksin Corona

“Tidak banyak orang yang ikut ke pemakaman, hanya petugas kepolisian dan Satgas,” kata Pery lebih lanjut.

Dia menyebut, pemerintah dan masyarakat Kecamatan Kurra sangat bersedih dan kehilangan salah satu tokoh inpirasi di Kecamatan tersebut. Sebelum maupun sesudah menjabat Bupati Toraja Utara, Almarhum Frederik Batti Sorring dan keluarga memang tinggal di Lipungan Tanete, Kurra.

FBS atau Papa Ega, menghembuskan nafas terakhir di RS Grestelina Makassar sekitar pukul 03.15 Wita karena sakit yang dideritanya. Kepergian FBS meninggalkan duka yang dalam bagi masyarakat Toraja Utara maupun Tana Toraja.

Frederik Batti Sorring adalah mantan Bupati Toraja Utara periode 2011-2016 berpasangan dengan Frederik Buntang Rombelayuk. Pada Pilkada Toraja Utara tahun 2015 yang lalu, FBS maju kembali mencalonkan diri bersama FBR (Frederik Buntang Rombelayuk) yang dikenal dengan akronim SOBAT Jilid II. Namun mereka tidak terpilih kembali.

Baca Juga  Maklumat Forkopimda: Semua Kegiatan Sosial, Termasuk Rambu Solo’ dan Rambu Tuka Ditunda
Proses pemakaman Almarhum Frederik Batti Sorring oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Toraja Utara.

Pada pemilu legislatif tahun 2019, Frederik Batti Sorring mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI dari Partai Demokrat. Namun beliau tidak terpilih.

Pada Pilkada Toraja Utara tahun 2020, FBS kembali disebut-sebut bakal maju kembali bertarung untuk memperebutkan kursi nomor satu di Toraja Utara. Namun hingga pendaftaran di KPU ditutup, FBS tidak mendaftar.

Pimpinan dan segenap crew Redaksi kareba-toraja.com menyatakan turut berduka cita yang mendalam atas kepergian Bapak Frederik Batti Sorring. Semoga arwah beliau diterima di sisi Bapa di surga. Kepada keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan ketabahan. (*)

Baca Juga  Kapolres Toraja Utara Ingatkan Camat Agar Tidak Beri Rekomendasi Izin Keramaian

Penulis: Desianti/Arsyad
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya