Tahun Ini, Gereja Katolik Rayakan 85 Tahun Baptis Pertama di Toraja, Puncaknya Bulan September

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Gereja Katolik merayakan yubileum 85 tahun baptis Katolik Pertama di Toraja, tahun ini. Sejumlah kegiatan sudah diagendakan panitia dan puncaknya akan diperingati di Lapangan Bakti Rantepao, Toraja Utara, pertengahan September 2023.

Untuk diketahui, baptisan Katolik pertama di Toraja dilakukan oleh Pastor Charles Dekkers, CICM terhadap empat orang anak di Tampo, Makale pada 6 Mei 1938.

Keempat orang anak yang menerima baptisan Katolik pertama itu, masing-masing Antonius Tambing Pemba, Nathaniel Taroekallo Andilolo, Theresia Minggoe, dan Maria Tibe.

Dari cikal bakal empat orang anak tersebut, kini umat Katolik di Toraja berkembang cukup pesat hingga menjadi 12 Paroki yang tersebar di Tana Toraja dan Toraja Utara. Toraja kini pun memiliki Kevikepan sendiri.

Baca Juga  Cerita Menegangkan Jurnalis Kareba Toraja, Arsyad Parende Ikut Evakuasi Puluhan Warga dari Kepungan Banjir di Makale

Ketua Panitia Yubileum 85 tahun baptis Katolik Pertama di Toraja, RD Vius Octavianus, menjelaskan peringatan dan perayaan 85 tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan sosial maupun pembangunan. Salah satu pembangunan yang ditargetkan rampung sebelum puncak perayaan 85 tahun itu adalah Gedung Kevikepan Toraja, yang terletak di Jalan Poros Makale-Rantepao, tepatnya di Buntu Buaya, Kabupaten Toraja Utara.

“Besok, 3 Januari 2023, rencananya aka nada peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kevikepan itu, yang dipimpin oleh Bapak Uskup Agung Makassar, Mgr. John Liku Ada’,” terang RD Vius Octavianus, Senin, 2 Januari 2022.

Rangkaian kegiatan peringatan Yubileum 85 tahun baptis Katolik Pertama di Toraja dimulai sejak Januari hingga Desember 2023. Selama satu tahun itu, ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh umat Katolik Toraja di semua Paroki yang ada di Kevikepan Toraja.

Baca Juga  Persentase Kemenangan Prabowo-Gibran di Toraja Utara Tertinggi dari Seluruh Indonesia?

“Setelah peletakan batu pertama Gedung Kevikepan akan dilanjutkan dengan Vesper Agung dan Te Deum di Paroki Makale tanggal 4 Januari. Setelah itu kita akan lakukan kegiatan bakti sosial, pameran UMKM, seminar ekonomi kreatif, KAMS Youth Day, seminar pendidikan kurikulum merdeka, retret nasional pemuda, dan lain-lain,” terang RD Octavianus.

Dia menyebut, puncak perayaan Yubileum 85 tahun baptis Katolik Pertama di Toraja akan dilaksanakan di Lapangan Bakti Rantepao, Toraja Utara pada 16 September 2023.

Pada acara puncak ini, beberapa Uskup dari luar Keuskupan Agung Makassar dijadwalkan hadir. Juga Duta Besar Vatikan untuk Indonesia.

Peringatan Yubileum 85 tahun baptis Katolik Pertama di Toraja ini akan ditutup dengan Rapat Kerja Nasional Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia yang dijadwalkan pada 22-28 Desember 2023. (*)

Baca Juga  Rael Rabang Matasik Terpilih Nahkodai IKAT Luwu Utara Periode 2022-2025

Penulis/Editor: Arthur

Komentar