Siswa dari Pinggiran Tana Toraja Raih Prestasi Tingkat Provinsi Sulsel dan Sulbar

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Nielsen Aghily Patinggi, siswa SDN 3 Rano, Kecamatan Rano, Tana Toraja, meraih Juara 2 Festival Tunas Bahasa Ibu tahun 2023, Kategori Menulis Cerpen Putra Tingkat Provinsi Sulsebar jenjang Sekolah Dasar.

Nielsen Aghily Patinggi, akrab disapa Gili adalah siswa SDN 3 Rano. Untuk bisa berlomba di tingkat Provinsi, Gili harus melewati beberapa tahapan.

Kepala SDN 3 Rano, Hermanto Tegu Ka’bu’ mengatakan bahwa Gili mendapat bimbingan khusus dari gurunya, Juni Saputra  selama kurang lebih 2 bulan.

“Selama kurang lebih dua bulan dia dibimbing oleh Pak Juni. Hasilnya, cukup memuaskan untuk anak kami yang berasal dari pelosok,” tutur Hermanto, Sabtu, 18 November 2023.

Hermanto mengatakan, tahap pertama, Gili mengikuti seleksi tingkat kecamatan dan berhasil meraih juara 1. Kemudian pada akhir Oktober, Gili mengikuti lomba tingkat kabupaten dan berhasil keluar sebagai juara 1.

Baca Juga  Departemen Geofisika Unhas Bantah Terlibat dalam Investigasi Seismik Penyebab Getaran dan Dentuman di Sekitar PLTA Malea

“Dan pada tanggal 9-11 November 2023, ananda Gili mengikuti lomba di tingkat Provinsi dan berhasil meraih juara 2 pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2023 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, pada kategori Cerpen Putra,” urai Hermanto.

Dalam Festival tersebut Kabupaten Tana Toraja keluar sebagai Juara 1 Umum, pada ajang FTBI tahun 2023 yang berlangsung di Hotel Aryaduta Makassar, 9-11 November 2023.

Nielsen Aghily Patinggi, yang biasa dipanggil Gili merupakan anak kedua dari 3 bersaudara. Dia lahir di Tana Toraja, 23 Desember 2011. (*)

Penulis: Siska Papalangi’
Editor: Arthur

Komentar