Selain Prabowo, Gibran Rakabuming Juga Dapat Gelar Adat dari Salah Satu Tongkonan di Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Calon Wakil Presiden, Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke Toraja, Minggu, 26 November 2023. Kunjungan putra Presiden Joko Widodo ini hanya berselang sehari setelah kunjungan Calon Presiden, Ganjar Pranowo ke daerah pariwisata itu.

Agenda keduanya pun hampir sama; bedanya, Gibran menghadiri carnival budaya di Tana Toraja, sedangkan Ganjar memberi kuliah umum di kampus UKI Toraja. Lokasi kunjungan pun sama, yakni Plaza Kolam Makale. Gedung Kampus UKI Toraja juga terletak di pinggir Plaza Kolam Makale. Keduanya juga sama-sama mengunjungi Tongkonan Sangulele, Kantor Pusat Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja di Rantepao, Toraja Utara.

Di Makale, Tana Toraja, Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan calon Wakil Presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto, diterima menjadi warga Toraja dengan upacara adat (ditokko). Selain itu, Walikota Solo itu mendapat gelar adat dari Tongkonan Lallangan. Dia mendapat gelar adat “Laso’ Pindan”, yang berarti seorang putra bangsawan yang bercahaya seperti mutiara.

Baca Juga  Yayasan KAMI PEDULI dan KONI Toraja Utara Perhatikan Gizi Atlet

“Ini sebuah kehormatan saya diberikan gelar dan senang sekali saya lihat warga walaupun hujan tetap semangat semua,” ujar Gibran usai menerima gelar adat.

Prosesi penyerahan gelar adat kepada Gibran dilakukan dengan membentangkan kain sarita sepanjang 3 meter lebih yang satu ujungnya dipegang Gibran dan ujung yang lain dipegang para tokoh adat dari Tongkonan Lallangan. Salah satu tokoh adat kemudian menyampaikan bahwa Gibran akan bergabung ke dalam Tongkonan Lallangan.

Keluarga besar Tongkonan Lalangan atas izin para leluhur atas izin sang pencipta ingin menjadikan Gibran Rakabuming Raka menjadi titisan kehormatan, anak kehormatan, bagi tongkonan.

Mendapat gelar adat dari salah satu Tongkonan di Toraja membuat Gibran mengikuti jejak calon Presidennya, Prabowo Subianto, yang terlebih dahulu dianugerahi gelar adat di Tongkonan Siguntu’, Toraja Utara.

Baca Juga  AMAN Toraya Serahkan Naskah Akademik Ranperda Pengakuan Masyarakat Adat ke DPRD

Calon Presiden RI dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto menerima gelar adat “Taruk Langi’” pada kunjungan ke Tongkonan Siguntu’ Desember 2011 yang lalu.

Prabowo Subianto mendapat gelar adat “Taruk Langi’” yang berarti tunas emas manusia dari langit. Gelar itu disematkan kepada Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu oleh pemangku adat Siguntu, Toraja Utara. (*)

Penulis: Siska Papalangi’/Desianti
Editor: Arthur

Komentar