oleh

Mahasiswa KKN UKI Paulus di Lembang Karre Penanian Promosikan Beras Sardi Secara Online

KAREBA-TORAJA.COM, NANGGALA — Sejumlah mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP) Makassar yang melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Lembang Karre Penanian, Kecamatan Nanggala, Kabupaten Toraja Utara, membantu masyarakat setempat mempromosikan beras unggulan lokal secara online.

Beras unggulan lokal yang mereka promosikan diberi nama Beras Sardi.

Beras ini memiliki kelebihan, yakni berwarna putih bersih. Ketika dimasak rasanya lebih enak dibandingkan dengan beras  lain. Hal ini mungkin disebabkan kerena pengaruh iklim cuacanya yang dingin, tanahnya subur, dan mudah digarap.

Ketua Tim 3 KKN-T UKI Paulus, Michael Fernando Poli, mengatakan dengan melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih, mahasiswa KKN UKI Paulus Makassar memanfaatkan dengan menjual beras sardi secara online melalui aplikasi.

Baca Juga  Mahasiswa KKN Tematik Perhutanan Sosial Unhas Sosialisasi Penyadapan Getah Pinus di Mengkendek

“Hal ini memudahkan masyarakat luar untuk melihat dan mengenal Beras Sardi yang ada di Lembang Karre Penanian,” tutur Fernando.

Fernando mengajak masyarakat untuk membeli Beras Sardi Royal secara online dengan harga Rp35.000 di toko Karre Penanian Tokopedia pada link ini: https://tokopedia.link/2HxywTgWwsb. Bebas Ongkir (ongkos kirim).

Selain beras unggulan lokal, mahasiswa KKN-T UKI Paulus Makassar, yang mengangkat tema “Ekonomi Kerakyatan dan Enterpreneurship” juga mempromosikan objek To’katin yang ada di Lembang Karre Penanian, sebagai destinasi wisata.

Mereka membantu masyarakat Karre Penanian untuk merenovasi objek To’katin yang ada di Lembang Karre Penanian. Objek tersebut pernah dibangun oleh Mahasiswa KKN UKI Toraja, tetapi sudah mulai lapuk dan rusak akibat tidak terawat dengan baik.

Baca Juga  Jelang Idul Fitri, UKI Paulus Berbagi Kasih dengan Warga Sekitar Kampus

“Maka kami mengangkat dan memperkenalkan tempat wisata ini dengan membuat yang baru agar dijadikan kembali tempat pariwisata. Pariwisata adalah salah satu modal untuk menarik pengunjung dimana hal ini akan membuka peluang bagi masyarakat untuk berwirausaha seperti membuka warung kopi, kios kecil, dan lain sebagainya,” terang Juranto Sapan, Koordinator Produk.

KKN Tematik UKI-Paulus Makassar di Lembang Karre Penanian, Kecamatan Nanggala, Kabupaten Toraja Utaraberlangsung selama satu bulan, mulai tanggal 26 Juli-26 Agustus 2022. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar