oleh

Satgas Covid-19 Tana Toraja Dapat Bantuan 5000 Pic Rapid Test Antigen dari BNPB

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Satuan Tugas Covid-19 menerima bantuan 5000 pic Rapid Test Antigen SD Biosensor dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

5000 pic alat Rapid Test Antigen ini sudah tiba di Posko Satgas Covid-19 Tana Toraja dan diterima Kepala BPBD Tana Toraja, Alfian Andi Lolo, Senin, 28 Desember 2020 petang.

“Terima kasih quick respon BNPB atas bantuan alat rapid test antigen kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Tana Toraja,” ungkap Alfian, Senin malam.

Rapid Test Antigen adalah alat yang bisa mendeteksi keberadaan virus dalam tubuh. Rapid Test Antigen menggunakan metode usap atau swab. Rapid Test Antigen hampir sama dengan PCR Swab. Beda dengan Rapid Test Antibodi yang hanya mendeteksi respon imun dalam bentuk antibodi. Metode test Rapid Test Antibodi menggunakan darah.

Baca Juga  Laka Lantas di Poros Pango-Pango, Wanita Pengendara Metik Meninggal Dunia

Alfian mengatakan, Rapid Test Antigen ini akan digunakan Satgas Covid-19 dalam melakukan trecing/penelusuran Kontak Erat Pasien Positive dalam wilayah Tana Toraja. Selain itu, akan digunakan di perbatasan Salubarani.

Satgas Covid 19 Tana Toraja, kata Alfian, masih dapat mempertahankan Zona Kuning dalam kurun waktu beberapa bulan ini (data satgas covid 19 Nasional)oleh karena setiap pasien positive masih dapat dilakukan pemantauan yang akurat dengan cara tracing/penelusuran yang jelas serta karantina yang jelas. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya